SMKN 5 Yogyakarta ‘Outing Class’ di Museum HM Soeharto

YOGYAKARTA – Ratusan siswa SMK Negeri 5 Yogyakarta, mengadakan outing class dengan mengunjungi Museum HM Soeharto di Dusun Kemusuk, guna mengenang dan mengenal lebih jauh sejarah kepemimpinan Presiden ke-2 RI, HM Soeharto.

Datang menggunakan 20 bus, sebanyak 550 siswa SMKN 5 Yogyakarta, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, didampingi sejumlah guru, disambut kepala museum, H Gatot Nugroho, Rabu (2/10/2019).

Para siswa yang mengenakan seragam batik tampak bersemangat, memasuki halaman museum. Mereka langsung mengambil sesi foto grup dan video.

Setelah itu, mereka diajak masuk ke pendopo utama museum.
Program awal kemudian diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’, dilanjutkan pemutaran film hiburan.

Ratusan siswa SMK Negeri 5 Yogyakarta, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, tampak antusias mengikuti acara di pendopo utama Museum HM Soeharto, Rabu (2/10/2019). –Foto: Gatot Nugroho

Kemudian, kepala museum, H Gatot Nugroho, memberikan materi motivasi tentang nasionalisme, keikhlasan dan motivasi untuk selalu menyayangi orang tua masing-masing.

Kepala museum yang didampingi edukator, Devi, juga menyampaikan, bahwa tujuan dibangunnya museum ini agar pelajar generasi muda bangsa, bisa mengetahui apa yang telah dilakukan oleh HM Soeharto untuk bangsa indonesia, dan sebagai suri teladan.

Selanjutnya, kepala museum  menjelaskan tentang sejarah masa kecil HM Soeharto hingga menjadi Presiden ke-2 Republik Indonesia, dilanjut dengan nonton bareng film sejarah presiden 32 tahun tersebut.

Setelah itu, rombongan dipersilakan masuk ke ruang diorama museum yang menceritakan sejarah perjalanan hidup bapaknya para petani. Dilanjutkan melihat petilasan tempat lahir dan masa kecil HM Soeharto. Para siswa juga melihat sumur kenangan peninggalan kakek HM Soeharto.

Segenap pengelola museum berharap, para siswa bisa mengambil hikmah dan pelajaran berharga dari sejarah HM Soeharto, menjadikannya inspirasi dan suri teladan. (Pewarta: Gatot Nugroho)

Leave A Reply

Your email address will not be published.