Siswa Berkebutuhan Khusus Belajar Sejarah HM Soeharto

YOGYAKARTA – Puluhan siswa berkebutuhan khusus dari dua sekolah berbeda di Yogyakarta, mengunjungi Museum HM Soeharto. Mereka belajar sejarah tentang sosok pemimpin dan pejuang kemerdekaan RI. Edukator museum pun memberikan penjelasan dengan cara yang dapat dengan mudah diterima oleh anak-anak berkebutuhan khusus ini.

Siswa berkebutuhan khusus dari Sekolah Luar Biasa (SLB) E Prayuwana, Ngadisuryan, Kota Yogyakarta dan SLB Muhammadiyah, Gamping, Sleman, bersama guru pendamping, tampak ceria saat berada di kompleks Museum HM Soeharto, pada pertengahan Oktober 2019.

Kedatangan mereka disambut oleh dua edukator musuem, Maryati dan Devi, yang dengan sangat familiar membimbing anak-anak berkebutuhun khusus ini.

Memandu anak dengan kemampuan berbeda dari anak pada umumnya, tentu saja membutuhkan kemampuan tersendiri. Juga kesabaran, dan cara berbeda agar penjelasan yang diberikan dapat diterima dengan mudah oleh anak-anak ‘luar biasa’ ini.

Siswa berkebutuhan khusus dari SLB Muhammadiyah, Gamping, Sleman, Yogyakarta bersama guru pendamping, saat mengikuti acara di pendopo utama Museum HM Soeharto. –Foto: Gatot Nugroho

Program untuk siswa-siswi berkebutuhan khusus ini adalah dengan memberikan hiburan yang menarik, berupa film lucu di pendopo utama museum.

Kemudian mereka diberi penjelasan sederhana tentang sosok HM Soeharto, anak desa yang sederhana dan pernah menjadi Presiden Republik Indonesia. Juga diberikan penjelasan mengenai pendirian museum.

Siswa berkebutuhan khusus dari Sekolah Luar Biasa (SLB) E Prayuwana, Ngadisuryan, Kota Yogyakarta, dan guru foto bersama di pendopo utama Museum HM Soeharto. -Foto: Gatot Nugroho

Agenda selanjutnya, putra-putri dari sekolah luar biasa  ini  oleh edukator diajak nonton film sejarah singkat HM Soeharto, dan dilanjutkan keliling ke ruang diorama, melihat petilasan tempat lahirnya HM Soeharto dan menengok sumur kenangan atau sumur peninggalan kakek HM Seoharto.

Pengelola museum berharap, agar sejarah kepemimpinan HM Soeharto dapat menginspirasi anak-anak berkebutuhan khusus ini untuk lebih bersemangat meraih cita-cita. (Pewarta: Gatot Nugroho)

Siswa berkebutuhan khusus dari SLB Muhammadiyah, Gamping, Sleman, Yogyakarta bersama guru pendamping foto bersama di Museum HM Soeharto. –Foto: Gatot Nugroho

Leave A Reply

Your email address will not be published.