Pelajar TK hingga Mahasiswa Asing Outing Class di Museum HM. Soeharto

YOGYAKARTA – Ratusan pengunjung mulai dari siswa taman kanak-kanak hingga mahasiswa asing, mengunjungi Museum HM Soeharto, dalam rangka outing class.

Rombongan pengunjung berasal dari TK Masyithoh, Cawan, Argodadi, Sedayu, Bantul, SD Negeri 1 Kadipiro, Sutopadan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, SD Negeri Bedog, Trihanggo, Gamping, Sleman, SLB Muhammadiyah Gamping, Bodeh, Ambar Ketawang, dan MTs. Negeri 7 Sleman, serta mahasiswa asing dari Wisma Bahasa Catur Tunggal, Depok, Sleman.

Selain mereka yang datang pada pagi hingga siang, juga ada rombongan yang datang sore hari, yaitu rombongan pelajar dari SD Negeri Asem Cilik, Kulon Progo.

Siswa- siswi SD Negeri 1 Kadipiro,Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, tampak bersemangat mengikuti edukasi dan menjawab pertanyaan dari pemandu museum di pendopo utama Museum HM Soeharto, Sabtu (26/10/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Rombongan pengunjung yang semuanya pelajar tersebut, membuat suasana Museum HM Soeharto pada akhir pekan di akhir Oktober 2019, menjadi sangat meriah dan penuh semangat.

Para pengunjung sengaja datang ke museum, untuk mengenal lebih jauh tentang sejarah HM. Soeharto, tokoh besar negeri ini. Rombongan diterima oleh kepala museum, Gatot Nugroho, didampingi edukator museum, Maryanti, dan Devi.

Sesuai standar kerja dan alur edukasi di museum, agenda kunjungan dimulai dengan pengambilan foto grup dan video. Setelah itu, mereka diajak masuk ke pendopo utama museum.

Program awal di pendopo utama museum dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’ dan dilanjutkan pemutaran sedikit film hiburan.

Kemudian, kepala museum memberikan beberapa motivasi tentang nasionalisme, keiklasan dan motivasi untuk selalu menyayangi bapak-ibu orang tua mereka.

Siswa-siswi MTs. Negeri 7 Sleman, Gamping, Sleman, Yogyakarta, saat nonton bareng film sejarah HM.Soeharto di pendopo utama museum, Sabtu (26/10/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Setelah itu, disampaikan tentang maksud dan tujuan dibangun museum, dengan harapan agar para pengunjung bisa mengetahui apa yang telah dilakukan oleh HM Soeharto untuk bangsa Indonesia dan sebagai suri teladan bagi generasi penerus bangsa.

Selanjutnya edukator museum menjelaskan tentang sejarah masa kecil HM Soeharto hingga menjadi Presiden ke-2 Republik Indonesia. Dilanjutkan dengan nonton bareng film sejarah HM Soeharto.

Setelah itu, rombongan dipersilakan masuk ke ruang diorama museum yang menceritakan sejarah perjalanan hidup bapaknya para petani. Dilanjutkan melihat petilasan tempat lahir dan masa kecil HM Soeharto, dan sumur peninggalan. (Pewarta: Gatot Nugroho)

SD Negeri Bedog, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta, berlomba menjawab pertanyaan dari edukator tentang museum di pendopo utama Museum HMSoeharto, Sabtu (26/10/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Leave A Reply

Your email address will not be published.