Ratusan Siswa SDN Keputran I Yogyakarta Padati Museum HM Soeharto

YOGYAKARTA – Sebanyak 205 siswa-siswi SDN Keputran I, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, didampingi sejumlah guru mengunjungi Memorial Jenderal Besar HM Soeharto di Dusun Kemusuk. Selain untuk berwisata, kunjungan ini juga merupakan kegiatan studi sejarah.

Kedatangan rombongan siswa-siswi SDN Keputran I diterima oleh kepala museum, H. Gatot Nugroho, S.Pt., didampingi edukator museum, Maryati, Rabu (27/11/2019).

Semangat dan antusiasme para siswa, tampak sejak mereka turun dari bus di tempat parkir museum. Dengan ceria, mereka pun langsung menuju pendopo utama untuk mendapatkan edukasi tentang museum, dan sejarah autobiografi Bapak Pembangunan Nasional, HM Soeharto.

Para siswa tampak sibuk mencatat penjelasan tentang museum dan sejarah Presiden ke-21 RI, HM Soeharto, yang diberikan oleh edukator di pendopo utama Museum HM Soeharto, Rabu (27/11/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Mengawali acara, anak-anak diajak menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’, untuk meningkatkan rasa bangga menjadi anak Indonesia dan menanamkan rasa nasionalisme.

Kemudian, beberapa film hiburan disajikan oleh edukator museum, yang disambung dengan penjelasan tentang museum dan sejarah Bapak Bangsa, HM Soeharto. Setelah itu, para siswa diajak nonton bareng film sekilas sejarah Presiden ke-2 RI, tersebut.

Seusai acara di pendopo utama, para siswa dipersilakan memasuki ruang diorama museum, dan melihat petilasan tempat lahirnya Bapak Bangsa, sekaligus menengok sumur tua peninggalan yang hingga kini masih dirawat dengan baik. Sumur tersebut dibangun oleh  Eyang Atmo Sudiro, kakek HM Soeharto.

Ratusan siswa SDN Keputran I, Panembahan, Kraton, Yogyakarta, tampak antusias belajar sejarah HM Soeharto, di pendopo utama, Rabu (27/11/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Pengelola berharap, kunjungan tersebut memberikan manfaat, dan bisa menjadi sumber inspirasi serta suri teladan bagi para siswa. (Pewarta: Gatot Nugroho)

Leave A Reply

Your email address will not be published.