Pelajar dan Masyarakat Umum Kunjungi Museum HM Soeharto

YOGYAKARTA – Mengawali bulan November 2019, Museum HM Soeharto dikunjungi lebih dari 700 wisatawan, terdiri pelajar dari Yogyakarta dan masyarakat umum dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Selain untuk berwisata, mereka sengaja datang untuk mengetahui lebih jauh sejarah Presiden ke-2 RI, HM Soeharto.

Sejumlah pengunjung pelajar antara lain berasal dari SD Kanisius, Gayam, Yogyakarta, SD Balecatur, Gejawan, Gamping, Sleman, KB RA Darul Ulum, Konteng, Sumberadi, Mlati, Sleman, Pos PAUD  “Anggur” Tengahan, Sendang Agung, Minggir, Sleman, SD IT Mutiara Hati Pundong, Piring, Srihardono, Bantul dan TPA Sidomoyo, Sawahan, Godean,  Sleman.

Para siswa SD Kanisius Gayam Kota Yogyakarta, foto bersama di Museum HM Soeharto, Sabtu (2/11/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Sedangkan rombongan dari masyarakat umum adalah Lansia Kemanukan dari Bagelen, Purworejo Jawa Tengah, dan Prolanos Sehati, Kertonatan, Kartosura, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Para pelajar dan masyarakat umum dari berbagai wilayah di DIY dan Jawa Tengah yang datang pada Sabtu (2/11/2019) tersebut, ingin mengenal lebih jauh sosok Bapak Bangsa, HM Soeharto.

Rombongan pelajar dan  wisatawan diterima oleh pimpinan museum, yang kemudian memandu para pengunjung didampingi oleh para edukator museum.

Para pelajar mendapat edukasi tentang wawasan kebangsaan dan nasionalisme, mendapat penjelasan tentang museum, mengikuti beberapa tayangan motivasi yang disampaikan oleh edukator, menerima penjelasan tentang sejarah HM Soeharto dan nonton bareng tayangan film autobiografi sejarah Presiden Soeharto.

Siswa SD Balecatur I, Gejawan, Gamping, Sleman, Yogyakarta, foto bersama di Museum HM Soeharto, Sabtu (2/11/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Setelah berbagai penjelasan tersebut, para pengunjung dipersilakan masuk ke ruang diorama untuk menelusuri  lorong-lorong waktu, yang bercerita tentang perjalanan sejarah HM Soeharto, dalam perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan, dalam pengabdian menegakkan Dasar Negara Pancasila dan masa kepemimpinan dalam  membangun Indonesia.

Setelah itu, para pelajar dan wisatawan diajak berkeliling di lingkungan museum, melihat petilasan rumah kelahiran HM Soeharto, sekaligus merasakan sejuknya air sumur peninggalan Eyang Atmo Sudiro, kakek HM Soeharto. (Pewarta: Gatot Nugroho)

Siswa SD IT Mutiara Hati Pundong, Piring , Srihardono, Bantul, Yogyakarta, foto bersama di Museum HM Soeharto, Sabtu (2/11/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Leave A Reply

Your email address will not be published.