MTsN 4 Kulon Progo Gelar ‘Outdoor Learning’ di Museum HM Soeharto

YOGYAKARTA – Gugus Depan (Gudep) Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Kulon Progo, melaksanakan outdoor learning dengan mengunjungi Memorial Jenderal Besar HM Soeharto, guna meningkatkan wawasan kebangsaan dan memperkuat jiwa nasionalisme.

Lukman Hakim, selaku ketua Gudep, didampingi pembina pramuka sekaligus ketua panitia, Hidayah Nuraeni, mengatakan, giat outdoor learning di Museum HM Soeharto ini sengaja digelar untuk mengenal dan mengenang kembali sosok pemimpin bangsa, Bapak Pembangunan Nasional, HM Soeharto.

“Selain itu juga untuk menambah ilmu pengetahuan dan meningkatkan wawasan kebangsaan dan nasionalisme,” ujarnya, Kamis (10/10/2019).

Kedatangan rombongan Gudep Pramuka MTsN 4 disambuut oleh edukator museum, Devi, yang kemudian memandu serangkaian tahapan kunjungan.

Agenda pertama diawali dengan pengambilan foto grup, dan kemudian rombongan dipersilakan masuk ke pendopo utama museum.

Gugus Depan (Gudep) Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs.N) 4 Kulon Progo, Yogyakarta, tampak antusias mendengarkan penjelasan dari edukator musuem, dalam giat outdoor learning di pendopo utama Museum HM Soeharto, Kamis (10/10/2019). –Foto: Gatot Nugroho

Program di pendopo utama dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’, dan dilanjutkan pemutaran film hiburan. Kemudian, edukator museum memberikan beberapa motivasi tentang nasionalisme, motivasi keikhlasan dan motivasi untuk selalu menyayangi orang tua.

Kepada para rombongan, kepala museum, H Gatot Nugroho, menyampaikan, bahwa tujuan dibangunnya museum ini agar siswa-siswi bisa mengetahui apa yang telah dilakukan oleh HM Soeharto untuk bangsa Indonesia, dan  sebagai suri teladan bagi generasi muda.

Selanjutnya, Devi menjelaskan tentang sejarah masa kecil HM Soeharto hingga menjadi Presiden ke-2 Republik Indonesia, dan dilanjutkan dengan nonton bareng film sejarah HM Soeharto.

Setelah itu, para siswa dipersilakan memasuki ruang diorama museum, yang menceritakan sejarah perjalanan hidup Bapak Pembangunan Nasional, bapaknya para petani. Kemudian agenda dilanjutkan melihat petilasan tempat lahir, masa kecil HM Soeharto dan sumur peninggalan.

Pengelola museum berharap, agar kunjungan dan kegiatan di Museum HM Soeharto ini bermanfaat, dan suri teladan HM Soeharto bisa menjadi inspirasi bagi generasi milenial. (Pewarta: Gatot Nugroho)

Leave A Reply

Your email address will not be published.