Korplantas Mabes Polri Sosialisasi Tatib Berkendara

YOGYAKARTA – Pekan kemarin, Korp Lalu Lintas (Korplantas) Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri), melakukan agenda kerja ke sejumlah jajarannya di DI Yogyakarta, di Markas Kepolisian Resor (Polres) Sleman dan Kulon Progo, Selasa (8/10/2019). Kedatangan Tim Mabes Polri ini untuk melakukan pembinaan di dua jajaran yang ada di bawahnya tersebut.

Di sela kunjungan kerjanya, Tim Mabes Polri yang dipimpin oleh Kepala Sub Direktorat Inventarisasi Identifikasi dan Rekayasa Korplantas Polri, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Mansyur Slamet, mengunjungi Memorial Jenderal Besar HM Soeharto, di dusun Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul.

“Didampingi jajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) DI Yogyakarta, Tim Korplantas Polri ingin melihat dari dekat sejarah Bapak Bangsa, sejarah Presiden ke-2 Republik Indonesia,” ujar Kepala Museum HM Soeharto, H Gatot Nugroho, yang pada kunjungan tersebut memandu rombongan untuk berkeliling museum.

Pada waktu yang bersamaan, sejumlah siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Babarsari, Depok, Sleman, juga menggelar acara Outing Class di Museum HM Soeharto, untuk mengenang dan mengenal lebih dekat sosok pemimpin besar RI, HM. Soeharto.

Kepala Sub Direktorat Keamanan dan Keselamatan (Kasubditkamsel) Direktorat Lalu Lintas Polda DIY, AKBP Tri Iriani, saat memberikan penyuluhan tentang tata tertib, keamanan dan keselamatan berkendara, kepada para siswa pengunjung museum di pendopo utama Memorial Jenderal Besar HM Soeharto (Museum HM Soeharto), dusun Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta, Selasa (8/10/2019). Kasubditkamsel Ditlantas Polda DIY mendampingi Tim Korplantas Mabes Polri, yang di sela kunjungan kerjanya menyambangi Museum HM Soeharto. -Foto: Gatot Nugroho

Melihat keberadaan rombongan pelajar generasi penerus bangsa, Korplantas Mabes Polri pun menyempatkan waktu untuk memberikan edukasi tentang tata tertib (tatib) berkendara di jalan raya.

Secara bergantian, Kepala Sub Direktorat Inventarisasi Identifikasi dan Rekayasa Korplantas Polri, Ajun Komisaris AKBP Mansyur Slamet, dan Kepala Sub Direktorat Keamanan dan Keselamatan (Kasubditkamsel) Direktorat Lalu Lintas Polda DIY, AKBP Tri Iriani, memberikan penjelasan dan bimbingan tentang berlalu lintas yang baik.

Kepada para siswa, antara lain diberikan pemahaman tentang syarat diperbolehkannya seseorang menggunakan kendaraan bermotor yang harus memiliki Surat izin Mengemudi (SIM), dan hal-hal lain yang berkaitan dengan disiplin, serta sopan santun dalam berkendara di jalan raya.

Hari itu pun menjadi hari istimewa bagi para siswa SDN Babarsari. Selain mendapatkan pengetahuan tentang sejarah bangsa dan Bapak Bangsa, HM Soeharto, para siswa juga mendapatkan penjelasan tentang tata tertib berlalu lintas dari Korplantas Mabes Polri.

Sebelumnya, rombongan siswa-siswi dari SDN Babarsari, saat itu dipandu dan diberikan edukasi tentang wawasan kebangsaan, nasionalisme dan kepemimpinan oleh edukator museum, Maryanti dan Devi.

Sejumlah siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Babarsari, Depok, Sleman, Yogyakarta, antusias mendengarkan penjelasan dari Tim Korplantas Mabes Polri dan Polda DIY, tentang tata tertib dan keselamatan berlalu lintas. Para siswa ini berkunjung ke museum dalam rangka Outing Class, mengenang dan mengenal lebih dekat sosok pemimpin besar RI, HM. Soeharto, Selasa (8/10/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Mereka diajak menyànyikan Lagu Kebangsaan ‘Indonesia Raya’ bersama-sama di pendopo utama museum. Juga menyanyikan lagu ‘Guruku Tersayang’, sebagai motivasi tentang rasa cinta murid kepada guru, yang dipimpin oleh edukator museum.

Setelah itu, mereka mendapat penjelasan tentang museum dan sejarah perjalanan hidup HM Soeharto. (Pewarta: Gatot Nugroho)

Leave A Reply

Your email address will not be published.