SMA Negeri 1 Sedayu Gelar Doa Bersama untuk Bapak Bangsa HM Soeharto

341 siswa-siswi murid baru SMA Negeri 1 Sedayu didampingi kakak OSIS dan bapak-ibu guru pendamping melaksanakan puncak MPLS di Museum HM Soeharto. Sejak pukul 06.00 wib siswa-siswi sudah berkumpul di halaman museum.

Agenda pertama adalah bersama-sama mereka mendoakan almarhum Bapak HM Soeharto. Untuk yang beragama islam dilakukan di pendopo utama dan untuk yang beragama nasrani dilaksanakan di pendopo petilasan tempat lahirnya Pak Harto. Sesuatu yang indah dengan penuh barokah yang dilakukan oleh keluarga besar SMA Negeri 1 Sedayu pada kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa baru tahun ajaran 2019-2020 ini.

Kegiatan MPLS yang dilakukan di Museum HM Soeharto oleh SMA Negeri 1 Sedayu ini merupakan kegiatan tahunan yang sejak 2014 selalu dilaksanakan. Ada agenda untuk siswa-siswi baru agar bisa mengenal dan mengenang bapak HM. Soeharto dan adiknya H. Probosutedjo yang merintis berdirinya SMA Argomulyo yang kemudian namanya menjadi SMA Negeri 1 Sedayu.

Setelah kegiatan doa bersama selesai selanjutnya acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Kemudian sambutan dari kepala sekolah yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Irfai guru pembina kegiatan MPLS. Kemudian sambutan dari Bapak Gatot Nugroho selaku kepala museum HM Soeharto dan dilanjutkan dengan memberikan motivasi tentang rasa terima siswa-siswi kepada bapak-ibu guru yang telah berjasa mencerdaskan mereka.

Motivasi tentang keikhlasan, tentang kasih sayang orang tua kepada putra-putri tercintanya. Agenda selanjutnya anak-anak diberi edukasi tentang museum dan sejarah autobiografi pak Harto. Filosofi kepemimpinan pak Harto seperti “Sa-Sa-Sa” yang bermakna bahwa seorang pemimpin harus selalu Sabar atine, Sareh tumindake dan Sholeh pikolehe, filosofi Mikul Duwur Mendem Jero, filosofi Menang tanpo ngasorake, Ngluruk tampa bala, Adigang-adigung-adiguna juga diajarkan oleh Bapak Gatot Nugroho kepada siswa-siswi yang hebat ini.

Setelah itu anak-anak diajak nonton bareng film sejarah Pak Harto, di ajak keliling diorama dan petilasan tempat lahirnya bapak bangsa. Setelah agenda di museum cukup selanjutnya siswa-siswi peserta MPLS SMA Negeri 1 Sedayu bersama-sama balik ke sekolah yang berjarak 1 km dari museum dengan berjalan kaki.

Terima Kasih kami ucapkan kepada seluruh keluarga besar SMA Negeri 1 Sedayu, Kabupaten Bantul atas doa untuk alm Bapak HM Soeharto dan kegiatannya mudah-mudahan bermanfaat dan barokah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.