Mahasiswa FHI UMY Lakukan Study Tentang Pak Harto

Minggu lalu, 10 Maret 2019, sebanyak 150 mahasiswa-mahasiswi Fakultas Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengunjungi Museum Memorial Jenderal Besar HM Soeharto. Mereka belajar tentang sejarah mulai dari perjuangan, membangun hingga peran penting Presiden kedua Republik Indonesia di mata dunia.

Dengan jaket almamater berseragam warna merah mereka kelihatan gagah dan cerdas. Rasa penasaran ingin tahu lebih banyak tentang anak bangsa, anak desa yang dikemudian hari menjadi Presiden Republik Indonesia ini adalah alasan utama mereka melakukan study tentang pak Harto.

Rombongan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini langsung dipandu oleh H. Gatot Nugroho S.Pt. Kepala Museum HM Soeharto menjelaskan tentang sejarah Pak Harto, sejarah perjuangan yang berkaitan dengan strategi 6 jam penguasaan wilayah kota Yogya untuk suksesi Serangan Umum 1 Maret 1949. Sejarah strategi penyerangan pasukan Trikora dalam merebut pulau Irian Barat yang dilakukan oleh Panglima Komando Mandala Mayjend Soeharto hingga sejarah Penegakan Pancasila dari gangguan kelompok Komunis.

Penyampaian tentang kepemimpinan pak Harto ketika memimpin dan membangun bangsa dan masyarakat juga menjadi isu yang menarik untuk dijadikan diskusi.

Setelah program edukasi tentang museum, sejarah Pak Harto dan nonton bareng film sejarah Bapak HM.Soeharto, rombongan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memasuki diorama dan melihat petilasan tempat lahirnya pak Harto.

Terimakasih bapak-ibu dosen, terimakasih keluarga besar Fakultas Hubungan Internasional UMY. Semoga kunjungan dan diskusi yang positip ini akan selalu memberi manfaat dan barokah.

Mahasiswa FHI UMY Mahasiswa FHI UMY

Leave A Reply

Your email address will not be published.