Karyawisata 2019 SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya

Rabu, 27 Februari 2019 masuk 6 bis Pariwisata “Budiman” dari Jawa Barat. Rombongan bersama Shafira Tour & Travel di bawah koordinasi Kang Gun gun ini mengenakan seragam kaos biru muda dengan kombinasi lengan warna biru tua, sangat serasi dengan suasana museum HM soeharto yang di dominasi oleh warna biru. Suatu pesan tentang kesejukan dan kedamaian terbawa dengan suasana warna biru tersebut.

Siswa-siswi SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya ini dengan tertib dan rapi memasuki halaman museum. Sambil menunggu waktu azan dzuhur tiba, rombongan karyawisata ini bersama-sama menikmati makan siang di pendopo utama museum. Dengan semangat selalu menjaga kebersihan lingkungan, maka mereka membersihkan sendiri sampah-sampah yang ada.

Kemudian Rombongan siswa-siswi yang cerdas dan berakhlak mulia melaksanakan sholat dzuhur berjamaah di masjid HM Soeharto. Mudah-mudahan anak-anak bisa terinspirasi untuk selalu belajar dan selalu memohon pertolongan dari Allah SWT.

Program dari museum langsung diberikan oleh Bapak H. Gatot Nugroho S.Pt, kepala museum HM. Soeharto. Lagu Indonesia Raya adalah awal dari agenda edukasi tentang museum dan juga edukasi tentang sejarah Pak Harto. Gema lagu kebangsaan ini dinyanyikan dengan kompak dalam jiwa yang penuh hikmat.

“Hiduplah Indonesia Raya…” bait lagu terakhir inilah yang menjadikan doa untuk bangsa dan negara kesatuan republik indonesia.

Kemudian anak-anak diberi motivasi tentang kasih sayang dan cinta orang tua terhadap anak hidup sepanjang masa. Motivasi bagaimana rasa hormat, rasa berterimakasih terhadap jasa bapak-ibu guru tercinta. Di tempat yang bersejarah ini mereka semua diajak memberikan kenangan yang indah dengan menyanyikan lagu “Guruku Tersayang”.

Program berikutnya adalah penjelasan tentang museum dan juga edukasi tentang sejarah Bapak HM soeharto. Setelah itu mereka bersama-sama menyaksikan tayangan film sejarah autobiografi pak Harto. Kemudian rombongan siswa-siswi dari Kota Tasikmalaya ini masuk ke diorama lorong waktu perjalanan sejarah Pak Harto.

Petilasan rumah tempat lahirnya Pak Harto, adalah bagian akhir dari kunjungan Karyawisata Tahun 2019 dari siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 14 Tasikmalaya ini. Terimakasih kami sampaikan kepada bapak H. Nanang S.Pd, Kepala sekolah SMP Negeri 14 dan bapak-ibu guru pendamping. Semoga suri tauladan Pak Harto bisa menjadi bagian penting dari memori mereka untuk siap menyongsong masa depan, menjadi pemimpin bangsa yang bisa menyejahterakan rakyat.

Karyawisata 2019 SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya
Sesi foto per kelas

Karyawisata 2019 SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya

Leave A Reply

Your email address will not be published.