Karya Wisata SMP Negeri 1 Sumber Gempol Tulung Agung Jawa Timur

Dengan belajar sejarah pemimpin bangsa akan terbangun karakter generasi penerus bangsa demi masa depan negara. Semangat ini yang menjadi bagian utama kegiatan Karya Wisata di museum HM Soeharto.

Di dampingi “Nogeng” Tour & Travel, Tulung Agung, 212 putra-putri siswa sekolah menengah pertama dari Sumber Gempol didampingi bapak-ibu gurunya melaksanakan wisata sejarah. Mereka dengan kompak, tertib memasuki pintu gerbang dan halaman museum HM Soeharto.

Program pertama dari rangkaian kunjung museum ini, siswa-siswi diajak bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Ada rasa bangga menjadi anak Indonesia, ada perasaan yang berbeda bagi mereka dengan bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya di pendopo utama museum HM Soeharto. Kemudian mereka mendapat tayangan beberapa hiburan ringan sebelum edukator museum bercerita tentang museum maupun tentang sejarah Pak Harto.

Rasa capek yang dirasakan oleh siswa-siswi dari SMP Negeri 1 Sumber Gempol ini terasa berkurang dengan adanya beberapa tayangan hiburan tersebut. Kemudian Mbak Devi, edukator museum menjelaskan bahwa museum ini diresmikan pada tanggal 08 Juni 2013 dan merupakan tempat lahirnya Presiden kedua Republik Indonesia.

Tujuan dibangun museum HM Soeharto adalah untuk mengenang pengabdian, perjuangan dan kepemimpinan pak Harto bagi bangsa indonesia. Dengan harapan mudah-mudahan suri tauladan Pak Harto bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak yang hebat dan cerdas dari Sumber Gempol ini untuk ke depan siap menjadi generasi penerus bangsa yang akan membangun negeri tercinta.

Kemudian Rombongan siswa-siswi ini mendapat penjelasan singkat tentang sejarah Pak Harto dan dilanjutkan dengan menyaksikan bersama tayangan filmnya bapak bangsa. Setelah selesai nonton bareng tayangan film, mereka memasuki diorama museum, melihat lorong-loro waktu perjalanan sejarah sejarah Pak Harto.

Kemudian dilanjutkan dengan meninjau Petilasan tentang lahirnya bapak HM Soeharto, melihat sumur kenangan atau sumur yang sudah ada sejak pak Harto lahir. Suatu kehormatan bagi museum Memorial Jenderal Besar HM. Soeharto bisa memberikan edukasi tentang museum, tentang sejarah Bapak Pembangunan kepada siswa-siswi dari SMP Negeri 1 Sumber Gempol ini. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.