Lomba Mewarnai Tumbuhkan Pemahaman Sejarah

YOGYAKARTA – Mantan Rektor Universitas Mercu Buana Jakarta, Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM., mengatakan pemahaman sejarah di kalangan generasi muda saat ini sangat minim.

Arissetyanto mengungkapkan hal itu, setelah mendapati sejumlah anak-anak peserta lomba mewarnai gambar pahlawan dan tokoh bangsa Indonesia di Museum HM Soeharto, tidak mengetahui nama dan siapa gambar pahlawan yang akan diwarnainya.

“Kita lihat sendiri ya, bagaimana pemahaman sejarah generasi muda kita sangat minim. Mungkin ini karena orang tua mereka atau guru kurang memberikan atensi terhadap pentingnya pelajaran sejarah, wawasan kebangsaan dan cinta Tanah Air,” kata Arissetyanto, usai meninjau peserta lomba mewarnai, Sabtu (29/2/2020).

Lomba mewarnai bertema ‘Membangun Indonesia Seutuhnya’ yang diikuti ratusan siswa taman kanak-kanak di Yogyakarta, digelar sebagai rangkaian peringatan Bulan Maret Bulan Soeharto. Sekaligus sebagai upaya mengedukasi generasi muda pentingnya memahami sejarah.

“Sehingga dengan lomba ini tidak hanya meningkatkan minat terhadap seni, tapi juga menumbuhkan kecintaan kepada bangsa. Juga menumbuhkan kesadaran, bahwa bangsa ini tidak lahir dengan enak-enak. Tapi, dengan kerja keras dan pengorbanan,” kata Arissetyanto, selaku ketua penyelenggara peringatan Bulan Maret Bulan Soeharto 2020.

Ia pun menambahkan, bahwa menjadi tugas bersama untuk membenai kualitas generasi muda dan mendorong mereka agar terus belajar, menempa diri dan meningkatkan kualitas di segala bidang, agar mampu menjadi bagian dari bangsa Indonesia yang maju, dan bisa menang dari setiap persaingan di masa yang akan datang. (KK)

Leave A Reply

Your email address will not be published.