Unjuk Prestasi dan Ajang Evaluasi Sanggar Tari Udan Sore

Hari Minggu tanggal 13 Januari 2019, Pendopo Museum HM Soeharto digunakan untuk ajang kreativitas seni tari anak-anak dari Sanggar Tari Udan Sore, Dusun Niti Prayan RT 4, Desa Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Rombongan seniman kecil ini pada siang hari sudah hadir di museum HM Soeharto bersama keluarganya. Hari ini ada agenda istimewa di museum HM Soeharto. Berbagai pertunjukan seni tari di tampilkan oleh murid dari Sanggar Tari Udan Sore.

Dengan tema “Unjuk Prestasi dan Evaluasi Sanggar Tari Udan Sore di museum Memorial Jenderal Besar HM Soeharto” mereka menampilkan kebolehannya dalam menari.

Sebelum pelaksanaan pentas tari dimulai, rombongan mendapat edukasi dan penjelasan tentang museum HM Soeharto, kemudian menonton film sejarah Pak Harto dan setelah itu berkeliling di diorama dan lingkungan museum.

Tepat pukul 14.00 WIB pelaksanaan pentas seni tari dimulai. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian disajikan tarian Pudyastuti, sebagai pembuka acara. Setelah itu sambutan dari ketua panitia sekaligus pemilik Sanggar Tari Udan Sore Ibu Ari Mulyana M.Pd; Sambutan dari Kepala Museum HM Soeharto H. Gatot Nugroho, S.Pt.

Kemudian berturut-turut disajikan unjuk prestasi dari anak-anak sanggar, berupa Tari Gojil, Tari Sintren, Tari Indonesia menari, Tari Nirmala dan Tari Lenggot Siwi.

Di tengah acara pentas tari, ada sambutan dari Bapak Fathoni Ari Wibowo, Lurah Desa Ngestiharjo yang memberi motivasi dan semangat dukungan kepada keluarga besar Sanggar Tari Udan Sore.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sajian tari Caping Ayu, Tari Mangastuti dan Tari Oglek sebagai tarian terakhir.

Pada acara pertunjukan seni budaya di museum HM Soeharto ini, dipilih penampilan terbaik dari masing-masing tarian. Sungguh sesuatu yang istimewa pada siang hingga sore hari ini. Walaupun diguyur hujan deras, tetapi semangat anak-anak di pendopo museum patut diberi penghargaan.

Suasana dipenuhi oleh penonton dan penari cilik sangat terasa penuh dengan keceriaan. Peristiwa ini adalah wujud nyata dari implementasi cita-cita Ibu Hj. Siti Hartinah Tien Soeharto, seorang ibu negara yang sangat peduli dan bangga kepada Seni dan Budaya Nusantara.

Semoga barokah.

Sanggar Tari Udan Sore
Tari Oglek oleh Sanggar Tari Udan Sore
Sanggar Tari Udan Sore
Para penari terbaik dari pentas Ajang Prestasi dan Evaluasi Sanggar Tari Udan Sore

Leave A Reply

Your email address will not be published.