Museum HM Soeharto Dikunjungi Mahasiswa Thailand, USA dan UMY Yogyakarta

Program pertukaran mahasiswa antar perguruan tinggi yang dilakukan oleh Internasional Program Government Affairs and Administration Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, bekerja sama dengan Maejo University Thailand dan Princeton University of USA.

Program ini dilakukan dengan saling mengunjungi antara perguruan tinggi yang ada kerja sama tersebut. Kali ini sebanyak 18 mahasiswa baik dari UMY, dari Maejo University dan dari Princeton University of USA berkunjung untuk mengetahui lebih dekat sejarah maupun karya bapak HM Soeharto ketika membangun dan memimpin Indonesia.

Rombongan dipimpin oleh Saudara Tomy dan Saudari Adibah, mahasiswa UMY dan dipandu langsung oleh Bapak H. Gatot Nugroho S.Pt, Kepala museum HM Soeharto.

Mahasiswa-mahasiswi asing ini dengan seksama mengikuti program museum, mendapat penjelasan bahwa museum dibangun oleh Almarhum H. Probosutedjo (adik kandung Soeharto) dengan tujuan untuk mengenang dan memberikan penjelasan tentang apa yang telah dilakukan oleh Bapak Pembangunan untuk bangsa dan negara ini.

Filosofi tentang kepemimpinan “Sa-Sa-Sa” di mana seorang pemimpin harus selalu Sabar atine-Sareh Tumindake dan Sholeh pikolahe yang berarti untuk menjadi pemimpin yang bermanfaat seorang harus mempunyai hati yang sabar, jiwa Bijak dan selalu dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa menjadi bagian penting filosofi Pak Harto yang para mahasiswa ini peroleh.

Mahasiswa Thailand
Kepala museum HM Soeharto sedang memberikan penjelasan kepada mahasiswa asing

Rombongan mahasiswa ini mendapat penjelasan juga tentang sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949, Operasi Trikora/pembebasan Irian Barat. Peristiwa Kesaktian Pancasila dan masa-masa kepemimpinan Pak Harto.

Mereka begitu penasaran tentang sosok Presiden Republik Indonesia kedua ini. Mereka baru mengerti kalau pak Harto pernah membangun negeri Indonesia dimulai dari kondisi negara miskin dan menjadi negara berkembang hingga saat mau tinggal landas.

Mudah-mudahan apa yang telah didapat di museum HM Soeharto ini para mahasiswa baik yang berasal dari Thailand maupun dari Amerika Serikat bisa menjadi lebih mengenal sosok Soeharto salah satu pemimpin Indonesia yang selalu menjaga kehormatan bangsa dengan karya-karyanya.

Semoga bermanfaat.

Mahasiswa Thailand
Rombongan mahasiswa asing menyaksikan sumur kenangan

Leave A Reply

Your email address will not be published.