Museum HM Soeharto Jadi Objek Tugas Ilmiah SMPN 3 Godean Sleman

Di samping sebagai lembaga yang memberikan edukasi tentang sejarah bangsa, salah satu tujuan Museum HM Soeharto adalah untuk ruang penelitian, kajian, karya ilmiah dan pendidikan siswa pelajar maupun mahasiswa.

Pada Jumat, 18 Januari 2019, sebanyak tujuh siswa kelas 9 A dari SMP Negeri 3 Godean, yaitu: Ghari, Muthia , Rahma, Salsa, Risang, Zaitun dan Dito mendapat tugas di bidang ilmu ekonomi di bawah bimbingan Ibu Christina M.Pd, guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Mereka mendapat tugas tentang Peranan Museum HM Soeharto dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Metodologi yang dilakukan adalah wawancara dengan pimpinan museum. Dari wawancara anak-anak dari SMP Negeri 3 Godean ini beberapa hal di sampaikan oleh kepala museum, bapak H. Gatot Nugroho S.Pt sebagai berikut; Dengan adanya museum HM Soeharto maka perekonomian di lingkungan museum semakin berkembang. Masyarakat bisa memanfaatkan adanya ratusan pengunjung yang datang setiap hari dengan berdagang makanan, minuman, sovenir dan oleh-oleh.

Dalam perkembangannya kemudian dibentuklah paguyuban pedagang museum HM. Soeharto, paguyuban pengelolaan parkir museum, berdiri Koperasi di bawah Yayasan Damandiri (Yayasan yang dibentuk oleh Almarhum Bapak Soeharto) untuk memfasilitasi permodalan pedagang dan masyarakat desa.

Dalam perkembangannya di bawah binaan pimpinan museum dan Lurah Desa Argomulyo maka muncullah beberapa tempat destinasi baik alam dan budaya yang muncul yang dikelola oleh karang taruna desa. Dengan adanya museum HM Soeharto maka perkembangan perekonomian masyarakat sekitar maju dan membuat kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

Mudah-mudahan Museum Memorial HM. Soeharto selalu bisa mendidik generasi penerus bangsa. Museum selalu menjadi idola putra-putri bangsa dalam menimba ilmu untuk masa depan mereka.

SMPN 3 Godean Sleman
Tujuh siswa SMPN 3 Godean Sleman

Leave A Reply

Your email address will not be published.