Silaturahmi dan Bimbingan Mental Satpol PP Kota Yogyakarta di Museum HM Soeharto

Selasa, 30 Juli 2019 dipimpin langsung oleh Drs. Agus Winarto, Komandan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta, sebanyak 400 anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Linmas kalurahan binaan mengadakan kegiatan bersama di Museum HM Soeharto. Kegiatan rutin tahunan ini dilaksanakan untuk menjalin keakraban dalam semangat kebersamaan dan juga sebagai refressing anggota yang setiap hari disibukkan oleh kegiatan rutinitas sebagai tim pengamanan wilayah kota dan penegak peraturan daerah.

Acara diawali dengan bersama-sama menyanyikan kebangsaan Indonesia Raya. Semangat nasionalisme harus selalu menjadi pedoman pasukan Satpol PP kota Yogyakarta yang seiring dengan pelaksanaan bimbingan mental dengan menginspirasi perjuangan, pengabdian dan kepemimpinan Bapak HM Soeharto. Agenda selanjutnya adalah ucapan selamat datang sekaligus pemaparan tentang museum dan sejarah panjang perjalanan hidup Pak Harto oleh kepala museum H. Gatot Nugroho S.Pt.

Filosofi Mikul Duwur, Mendem Jero yang bermakna bahwa generasi penerus bangsa harus selalu mensyiarkan jasa baik dan suri tauladan pendahulunya dan sebaiknya sifat negatif dari seseorang harus selalu di pendem jero atau dikubur dalam-dalam yang menginspirasi Alm. H. Probosutedjo membangun museum HM Soeharto sebagai persembahan untuk mengenang kakak tercintanya.

Filosofi kepemimpinan yang selalu disampai oleh Pak Harto adalah bagaimana seorang pemimpin harus selalu bertindak dengan “hati yang sabar, jiwa bijaksana dan selalu dekat kepada Tuhan Yang Maha Esa digambarkan dalam filosofi jawa “Sa-Sa-Sa” Sabar atine, Sareh Tumindake lan Sholeh Pikolehe. Kemudian oleh kepala museum ditayanglan film sejarah Bapak HM.Soeharto. Agenda selanjutnya adalah sambutan dari Dansatpol PP Kota Yogyakarta sekaligus pengarahan untuk anggota.

Agenda berikutnya adalah pemberian cinderamata dari Satpol PP kota Yogyakarta kepada museum HM Soeharto dan sebaliknya dari museum kepada Dansat Pol PP dan Motivator Ustad Drs H.D. Irianto MM. Kemudian pemberian motivasi bimbingan mental dari Drs. H.D. Irianto kepada seluruh anggota satpol PP kota Yogyakarta. Sebuah motivasi yang sangat strategis untuk meningkatkan semangat bertugas, semangat menegakkan disiplin dan kebersamaan demi menjaga keamanan, kenyamanan kota Yogyakarta serta mengawal penegakan peraturan daerah.

Kegiatan silaturahmi dan Bimbingan Mental ini ditutup dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh Ustad H.D. Irianto dan dilanjutkan dengan ramah tamah. Terima kasih kami sampaikan kepada Drs. H. Haryadi Suyuti. Walikota Yogyakarta, kepada Drs. Agus Winarto, Dansatpol PP Kota Yogyakarta dan semuanya. Mudah-mudahan bermanfaat dan penuh barokah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.