SMPN Berbah dan Prambanan, Sleman Gelar MPLS di Museum HM Soeharto

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dari SMP Negeri 1 Berbah dan SMP Negeri 1 Prambanan tahun ajaran 2019-2020 tahun ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh kedua sekolah tersebut di Museum HM Soeharto. Program edukasi yang dilakukan oleh museum untuk siswa-siswi baru kelas 7 ini adalah pendidikan karakter anak bangsa, pendidikan wawasan kebangsaan dan nasionalisme dengan mengajak mereka menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Motivasi untuk bangga menjadianak Indonesia, bangga masuk SMP yang mereka idamkan, rasa sayang dan cinta kepada bapak-ibu guru dan bagaimana siswa selalu teringat akan rasa kasih sayang orang tua yang diberikan kepada mereka adalah bagian edukasi yang disampaikan pimpinan museum bapak H. Gatot Nugroho S.Pt kepada para siswa-siswi baru tersebut.

Penayangan puisi tentang Langit Merah di Kemusuk merupakan edukasi bagi siswa bagaimana para pejuang dan pahlawan rela berperang melawan penjajah sampai titik darah penghabisan untuk mencapai kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan. Dan harapannya siswa-siswi yang hidup di masa kemerdekaan ini punya semangat untuk mengisi kemerdekaan dengan belajar yang tekun untuk menggapai prestasi yang membanggakan orangtua, bapak-ibu guru dan sekolah.

Selanjutnya para pelajar SMP dari Kecamatan Berbah dan Prambanan ini mendapat penjelasan tentang museum dan sejarah autobiografi pak Harto yang dilanjutkan nonton bareng film sejarah Pak Harto. Pada puncak acara kegiatan MPLS dari SMP Negeri 1 Berbah dan SMP Negeri 1 Prambanan adalah pemberian cenderamata dari sekolah kepada museum dan sebaliknya yang disampaikan oleh kepala sekolah kepada kepala museum.

Terima kasih kami sampaikan kepada keluarga besar SMP Negeri 1 Kecamatan Berbah dan SMP Negeri 1 Prambanan, Kabupaten Sleman. Semoga pendidikan wawasan kebangsaan yang disampaikan museum dan suri tauladan Bapak HM. Soeharto bisa dihayati oleh siswa-siswi cerdas ini dan bisa menginspirasi.

SMP Negeri 1. Berbah, Kabupaten Sleman.
SMP Negeri 1 Prambanan, Kabupaten Sleman.
Bapak ibu guru pendamping SMP Negeri 1. Prambanan, Sleman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.