284 Siswa Baru SMA BOSA Yogyakarta Belajar Sejarah Bapak Bangsa

Kamis, tanggal 18 Juli 2019 museum Memorial Jenderal Besar HM Soeharto mendapat kunjungan siswa baru dari SMA Bopkri Satu yang dikenal dengan sebutan BOSA Yogyakarta. Mereka didampingi kakak kelasnya yang bergabung dalam wadah OSIS dan bapak-ibu guru pendamping.

Program pertama rombongan siswa-siswi dari kota Yogyakarta ini diajak untuk photo bersama di halaman museum. Gema salam sahabat museum, museum selalu di hatiku terasa kompak disampaikan oleh ratusan siswa-siswi dari SMA Bopkri 1 Yogyakarta ini.

Kegiatan MPLS yang dilakukan di Museum HM Soeharto oleh SMA BOSA ini merupakan kegiatan tahunan agar siswa-siswi baru bisa mengenal dan mengenang bapak HM.Soeharto. Program pertama dari edukasi museum adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Hal ini dimaksudkan agar siswa-siswi baru dari SMA Bopkri satu akan selalu bangga menjadianak Indonesia. Sebuah pendidikan karakter anak bangsa untuk memantapkan jiwa nasionalisme dan wawasan kebangsaan.

Selanjutnya mereka dipandu langsung oleh Bapak Gatot Nugroho selaku kepala museum HM Soeharto dengan memberikan motivasi tentang rasa terima siswa-siswi kepada bapak-ibu guru yang telah berjasa mencerdaskan mereka. Motivasi tentang keikhlasan, tentang kasih sayang orang tua kepada putra-putri tercintanya.

Agenda selanjutnya anak-anak diberi edukasi tentang museum dan sejarah autobiografi pak Harto. Filosofi kepemimpinan pak Harto seperti “Sa-Sa-Sa” yang bermakna bahwa seorang pemimpin harus selalu Sabar atine, Sareh tumindake dan Sholeh pikolehe, filosofi Mikul Duwur Mendem Jero, filosofi Menang tanpo ngasorake, Ngluruk tampa bala, Adigang-adigung-adiguna juga diajarkan oleh kepala museum kepada siswa-siswi yang hebat ini.

Setelah itu anak-anak diajak nonton bareng film sejarah Pak Harto, diajak keliling diorama dan petilasan tempat lahirnya bapak Presiden kedua Republik Indonesia dan merasakan sejuknya sumur kenangan yang sudah ada sejak pak Harto kecil.

Terima Kasih kami ucapkan kepada seluruh keluarga besar SMA Bopkri satu / BOSA atas kunjungan dan kegiatannya mudah-mudahan bermanfaat dan penuh berkah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.