20 Juli, Museum HM Soeharto Soeharto Dikunjungi 1.100 Pelajar

Sabtu, 20 Juli 2019 Museum Memorial Jenderal Besar HM Soeharto dipadati wisatawan baik dari DIY, luar wilayah DIY hingga luar jawa. Rombongan berasal dari kelompok keluarga, rombongan masyarakat hingga rombongan anak-anak sekolah.

Dari data rombongan yang berkunjung antara lain, TK ABA Margokaton 2 Nyamplung, Margokaton, Seyegan, dipimpin oleh Bunda Wati; SD Negeri Sendangharjo, Padon, Sendangrejo, Minggir Sleman didampingi oleh Bapak Refi; MTsN 5 Sleman Klaci, Sidoagung, Godean, Sleman, didampingi oleh Bapak Sahlan; SMP Muhammadiyah Ngemplak, Bimo Martani, Sleman didampingi oleh ibu Fajar Nurhayatiningsih

SMP Negeri 5 Depok, Sleman didampingi oleh Bpk. Suhadi; SMK Muhammadiyah 1 Turi, Wonokerto, Sleman; SMK Muhammadiyah 2 Sleman dipimpin oleh Bapak Kepala Sekolah Broto Purwanto S.Pd, M.Si; dan Madrasah Aliyah Negeri 3 Bantul, Jl. Imogiri Timur km. 10 Pleret, Kabupaten Bantul didampingi oleh Bpk. Sumarna. Rombongan dipandu H. Gatot Nugroho S. Pt. Kepala Museum HM. Soeharto bersama edukator museum Ibu Maryanti dan Mbak Devi.

Program yang pertama adalah edukasi untuk menjaga jiwa nasionalisme generasi penerus bangsa dengan bersama-sama menyanyikan Lagu kebangsaan Indonesia Raya di pendopo utama museum. Kemudian mereka diberi penjelasan tentang pemrakarsa dan pendiri museum, tujuan dibangun museum sebagai sumber inspirasi bagi generasi penerus bangsa dan beberapa penjelasan lainnya.

Sebelum edukasi sejarah Bapak HM Soeharto diberikan, ada beberapa hiburan ringan yang ditayangkan di layar film pendopo utama museum. Motivasi tentang keikhlasan untuk memberi sentuhan selalu ringan dalam membantu sesama yang membutuhkan dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Pemberian motivasi untuk selalu mengingat akan kasih sayang orang tua dan bisa menghargai jerih payah bapak-ibu dalam mendampingi, menyayangi dan mencerdaskan atau menyekolahkan anak agar kelak menjadi pemimpin-pemimpin bangsa menjadi edukasi yang cukup mengesankan bagi pelajar-pelajar cerdas dari berbagai lapisan pendidikan dan berbagai daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Agenda berikutnya mereka mengelilingi diorama yang merupakan penjelasan lebih lanjut dari film yang tadi ditonton bersama di pendopo utama museum. Terima kami ucapkan kepada kepala sekolah, bapak-ibu guru dan semuanya. Semoga kunjungan wisata sejarah dan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Museum HM Soeharto ini bermanfaat dan bisa menginspirasi generasi milenial yang hebat ini.

TK ABA Margokaton, Nyamplung, Seyegan , Sleman.
MTs Negeri 5. Sidoagung, Godean, Kabupaten Sleman.
SMK Muhammadiyah 1 Turi, Kabupaten Sleman.
SMK Muhammadiyah 2. Sleman. D.I. Yogyakarta.

Leave A Reply

Your email address will not be published.