Rombongan DPRD Kabupaten Sanggau Kalbar Berkunjung ke Museum HM Soeharto

Minggu, 14 Juli 2019 museum mendapat tamu istimewa para wakil rakyat, pimpinan dan anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sanggau. Kegiatan Study Banding yang dilakukan oleh rombongan Pemerintah Kabupaten Sanggau di beberapa instansi pemerintah dan swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta oleh beberapa anggota dewan disempatkan mengunjungi Museum Memorial Jenderal Besar HM Soeharto.

Hal ini dilakukan untuk mengenang kembali sosok anak desa yang lahir di Kemusuk yang ketika remaja ikut berjuang untuk melawan penjajah Belanda. Sosok yang sederhana tapi tegas dalam menjalankan tugasnya. Berjiwa ksatria dan selalu berpihak kepada masyarakat.

Sosok Pak Harto seorang pejuang sejati, pemimpin yang amanah dan Bapak Pembangunan nasional ini menjadi bagian penting bagi wakil rakyat dari Kalimantan Barat untuk belajar tentang suri tauladan almarhum. HM Soeharto. Ketiga pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sanggau ini adalah : Bambang Joko Winayu ST, SupriyadiS. Sos dan Supratman SE. Mereka bertiga berada di komisi IV yang membidangi Pendidikan dan Kesehatan.

Rombongan didampingi oleh Ibu Maryanti untuk berkeliling di diorama museum melihat Perjalanan sejarah Bapak HM Soeharto. Di dalam diorama museum dibagi menjadi 5 (lima) selasar atau ruangan yaitu : selasar A. Berisi tentang pengantar sejarah umum Pak Harto; Selasar B. Berisi tentang sejarah ketika Letkol. Soeharto ditugaskan oleh Panglima Besar Jenderal Sudirman untuk memimpin Serangan Umum 1 Maret 1949;

Selasar C. Berisi tentang ketugasan Pak Harto sebagai Panglima Komando Mandala untuk membebaskan Irian Barat dari tangan penjajah Belanda; Kemudian Selasar D. Berisi Peristiwa Tragedi berdarah di negeri ini dengan adanya pemberontakan Gerakan 30 September partai komunis Indonesia tahun 1965 yang kemudian bisa diatasi dengan adanya ketegasan pemerintah dan rakyat untuk melarang adanya partai komunis di Indonesia. Kemudian tentang Surat Perintah Sebelas Maret 1966 yang kemudian dikenal dengan nama SUPERSEMAR.

Selasar E. adalah masa-masa pemerintahan Pak Harto sebagai Presiden RI kedua yang kemudian dikenal sebagai Orde Baru dengan beberapa prioritas pembangunan di bidang Pendidikan, Pertanian dan Kesejahteraan masyarakat.

Setelah dari diorama rombongan wakil rakyat dari Kabupaten Sanggau tersebut melihat petilasan tempat lahirnya Bapak Pembangunan Nasional HM. Soeharto sambil menikmati suasana yang ada di lingkungan museum. Terima Kasih kami sampaikan atas kunjungan di Museum HM Soeharto. Semoga bermanfaat dan penuh barokah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.