TK Ngawen, Trihanggo Peringati Hari Kartini di Museum HM Soeharto

Bulan April merupakan bulan Kartini bagi museum. Hal ini dikarenakan setiap April, museum selalu dikunjungi oleh ribuan anak-anak, pelajar dan orang tua, untuk merayakan hari Kartini.

Pada hari Selasa tanggal 2 April 2019 museum kedatangan tamu kecil yang cakep dan cantik. Bersama Bunda Apri Wulandari, ibu guru yang lain dan orang tuanya anak-anak TK Ngawen, Desa Trihanggo, Kecamatan Gamping, Sleman melaksanakan Peringatan Hari Kartini sekaligus berkunjung. Wajah ceria, imut dan yang pasti ganteng dan cantik dengan pakaian adat dari berbagai daerah yang mereka kenakan. Rombongan dibimbing oleh Ibu Maryanti edukator museum untuk melaksanakan kegiatannya di museum HM Soeharto.

Agenda pertama adalah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Anak-anak , ibu guru dan para orang tuanya bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan penuh hikmat. Ada rasa bangga menjadi anak indonesia dan dengan pesan sederhana edukator memberikan motivasi tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh anak-anak Trihanggo untuk siap menjadi generasi penerus bangsa.

Kemudian mereka semua diajak menyanyikan lagu “Ibu Kita Kartini” lagu ini dinyanyikan dengan penuh makna, yang sesuai dengan berbagai pakaian adat yang anak-anak kenakan. Motivasi bagaimana rasa sayang siswa kepada bapak-ibu guru, motivasi tentang rasa cinta kedua orang tua kepada anak-anaknya yang tiada berhenti sampai kapanpun nanti.

Program berikutnya edukator menerangkan bagaimana sejarah Pak Harto dan penjelasan tentang berdirinya museum, tentang maksud dan tujuan dibangun museum bagi anak-anak Indonesia. Pemutaran film sejarah autobiografi pak Harto adalah bagian penting untuk di nikmati oleh generasi penerus bangsa yang sangat ingin mengenal sosok bapak Presiden kedua Republik Indonesia ini.
Agenda berikutnya mereka mengelilingi diorama untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut dari film yang tadi ditonton bersama di pendopo utama museum. Bersamaan dengan kunjungan sekaligus memperingati Hari Kartini yang dilakukan oleh TK Ngawen, Desa Trihanggo, Kecamatan Gamping, Sleman. Datang juga rombongan dari RA. Masyithoh Tlenggongan, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul.

Semoga kunjungan wisata sejarah di Museum HM Soeharto ini bermanfaat dan bisa menginspirasi generasi masa depan yang hebat ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.