Museum Memorial Jenderal Besar HM Soeharto Selalu Jadi Idola Anak-anak

Sabtu, 13 April 2019, Museum HM Soeharto dikunjungi lebih 520 wisatawan. Hampir 80 % pengunjungnya adalah pelajar dari KB, TK dan SD. Di saat kegiatan edukasi untuk SD Muhammadiyah Domban 2 dan KB TK Aisyiyah Dadapan hampir selesai, tepat pada jam 10.00 WIB secara bersamaan museum di kunjungi oleh tiga Kelompok Belajar dan Taman Kanak-kanak.

Rombongan ini berjumlah sekitar 280 anak-anak yang melaksanakan studi wisata di museum HM Soeharto. Rombongan tersebut adalah KB TK Al Jihad, Klajuran, Sidokarto, Godean, TK PAUD Tunas Melati, Sanggrahan, Mlati dan TK Kuncup Mekar I, Srowulan, Pakem Binangun Kabupaten Sleman.

Ketiga rombongan ini walaupun harus menunggu giliran untuk mendapat bimbingan dan edukasi, mereka dengan tertib mengikutinya. Sambil menunggu mereka melakukan photo bersama di beberapa tempat yang ada sekitar halaman museum.

Wajah-wajah ceria terpancar dari anak-anak yang cerdas dan lucu-lucu ini. Mereka menunggu di halaman museum dengan penuh canda dan suka ria. Program edukasi museum dibawakan oleh dua edukator museum yaitu ibu Maryanti dan mbak Devi.

Tahapan pertama semua rombongan KB, PAUD dan TK diajak senam bersama di pendopo utama museum. Sepuluh menit kegiatan senam TK ini mereka lakukan dengan keceriaan dan kelincahan. Kemudian Lagu kebangsaan Indonesia Raya mereka nyanyikan dengan begitu hafal, kompak dan penuh hikmat. Beberapa hiburan film kartun lucu mereka nikmati dengan tertawa lepas.

Selanjutnya mereka Bersama-sama menyanyikan beberapa lagu anak-anak dan Lagu perjuangan. Sebuah momen yang istimewa bagi ibu guru ketika rombongan murid-murid cerdas dari 3 kecamatan di kabupaten Sleman ini memberikan hadiah untuk guru tercinta dengan menyanyikan lagu “Guruku tersayang”. Suara yang nyaring, kompak dengan iringan tepuk tangan yang seirama dengan nada-nada lagu menjadikan suasana tambah meriah dengan penuh kegembiraan.

Program berikutnya anak-anak diajak nonton bareng film sejarah Pak Harto sambil diberi sentuhan edukasi tentang sosok bapak bangsa, bapak pembangunan nasional dan Presiden kedua Republik Indonesia.

Berkeliling di dalam diorama museum menjadikan petualangan tersendiri bagi anak-anak dari Sleman ini. Lorong-lorong waktu perjalanan sejarah Pak Harto yang digambarkan dalam diorama museum merupakan sesuatu yang menarik dan sangat dinikmati oleh anak-anak yang hebat ini.

Terima Kasih kami ucapkan kepada Bunda Nanik Winarti, Kepala Sekolah KB TK Al Jihad. Terima kasih kepada Bunda Kunthi R. Ketua Komite TK PAUD Tunas Mulia. Terima Kasih kepada Bunda Yuliarti, Guru Pendamping dari TK Kuncup Mekar I. Semoga segala sesuatu yang telah diberikan oleh Bapak HM Soeharto untuk bangsa dan negara ini bisa selalu menjadi suri tauladan bagi anak-anak dari Taman kanak-kanak (TK) Kelompok Belajar (KB) dan PAUD ini.

KB TK Al Jihad, Klajuran, Sidokarto, Godean, Sleman.
TK PAUD Tunas Mulia, Sanggrahan, Mlati, Sleman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.