Batik Merah Putih Warnai Sejarah Perjuangan di Museum HM Soeharto

Kamis, 14 Maret 2019 lalu, museum dikunjungi oleh rombongan SD Keputran I, Yogyakarta. Berjalan dengan tertib dan tapi, anak-anak dari Kecamatan Keraton ini memasuki area halaman museum HM Soeharto. Berseragam baju batik warna merah dengan dasar putih dan bawahan berwarna putih, melambangkan jiwa patriotisme yang baik dan ada rasa bangga menjadi anak Indonesia.

Di bawah kepemimpinan Ibu Ninik Wusqo Murni M.Pd. selaku kepala sekolah SD Keputran I merupakan salah satu sekolah dasar favorit yang ada di kota Yogyakarta.

Sebelum agenda pengenalan dan edukasi museum HM Soeharto di sampaikan, mereka mendapat beberapa tayangan hiburan di layar film pendopo utama museum. Program edukasi dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Semangat bangga menjadi anak Indonesia, adalah bagian penting dalam memberikan edukasi tentang patriotisme anak bangsa.

Penjelasan tentang museum dan keterangan tentang sejarah Bapak bangsa HM Soeharto disampaikan dengan runtut oleh edukator museum Ibu Maryanti.

Menyaksikan bersama pemutaran film sejarah perjalanan hidup pak Harto adalah materi utama dari program edukasi yang disampaikan museum. Dengan melihat tayangan film sejarah Pak Harto tersebut, akhirnya anak-anak yang cerdas ini tahu bagaimana bapak HM.Soeharto dulu lahir di desa Kemusuk ini. Mereka tahu bahwa masa remaja pak Harto digunakan untuk berjuang melawan penjajah.

Akhirnya siswa-siswi dari SD Keputran tahu tentang sosok pemimpin bangsa, presiden republik indonesia kedua dan tahu apa yang telah dilakukan oleh Bapak HM Soeharto untuk negara, nusa dan bangsa indonesia. Setelah program edukasi yang di sampaikan di pendopo utama museum selesai.

Anak-anak kemudian berkeliling di diorama museum. Beberapa prestasi dan darma bhakti pak Harto untuk indonesia bisa di lihat oleh siswa-siswi dari Kecamatan Kraton ini. Setelah dari diorama rombongan menuju ke Petilasan tempat lahirnya Bapak HM Soeharto dan berkeliling di setiap sudut untuk melihat benda-benda yang di pamerkan di museum Memorial Jenderal Besar HM Soeharto.

Terimakasih bapak Jemingun, terima kasih bapak-ibu guru pendamping dan seluruh keluarga besar SD Negeri Keputran I. Yogyakarta. Semoga suri tauladan Pak Harto bisa menginspirasi anak-anak yang cerdas dan hebat ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.