ASN Purworejo Berkunjung ke Museum HM Soeharto

Kamis 14 Maret 2019 lalu, museum mendapat kunjungan dari keluarga besar Aparat Sipil Negara (ASN) Kabupaten Purworejo. Sebanyak 103 peserta Bimtek Literasi yang terdiri dari Arsiparis se Kabupaten Purworejo melaksanakan observasi lapangan di Museum Memorial Jenderal Besar HM Soeharto.

Para peserta Bimtek ini dinahkodai oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo. Tujuan kegiatan observasi lapangan ini adalah bagaimana peserta Bimtek bisa lebih dekat bagaimana penataan pameran sosok bapak bangsa, Presiden kedua Republik Indonesia yang disusun secara kronologis sesuai dengan perjalanan sejarah tokoh tersebut.

Penataan, penyajian dan sistem edukasi dalam kerangka museum sejarah yang digunakan sebagai obyek observasi di harapkan bisa menjadi wawasan dari peserta Bimtek. Rombongan langsung diterima oleh Bapak H. Gatot Nugroho S.Pt, Kepala museum.

Penjelasan tentang sejarah museum, makna dari kalimat mikul duwur, mendem jero, tujuan didirikan museum, penjelasan tentang tata letak bangunan dan benda yang di pamerkan dijelaskan secara detail. Filosofi tentang kehidupan dari Tuhan adalah pencipta manusia sebagai umatnya, musholla sebagai tempat ibadah, sumbu filosofi rumah ibadah, umat manusia, air dan api sebagai sumber kehidupan menjadi bagian dari pembelajaran hubungan manusia dengan Tuhannya.

Filosofi kepemimpinan Bapak HM Soeharto yang dijabarkan dalam huruf menjadi kata dan kalimat “Sabar-Sareh-Sholeh” merupakan makna yang luas bagaimana seorang pemimpin harus bisa menjalankan amanah dengan baik dalam memerintah, mendampingi dan mensupport kinerja bawahannya dengan bijak dan penuh kewibawaan.

Pemutaran film sejarah autobiografi pak Harto atau perjalanan hidup pak Harto dinikmati oleh peserta dengan baik. Kemudian Rombongan masuk ke dalam diorama sejarah Pak Harto yang berisikan peristiwa yang berkaitan dengan pengabdian, perjuangan dan kepemimpinan pak Harto. Selanjutnya rombongan peserta Bimtek dari Kabupaten Purworejo melihat petilasan tempat lahirnya bapak HM Soeharto, melihat sumur kenangan atau sumur yang sudah ada sejak pak Harto lahir.

Terimakasih kami sampaikan kepada yang terhormat Bapak Aeng Mulatno S.Sos. Pelaksana tugas Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo, mudah-mudahan kegiatan observasi lapangan di Museum HM Soeharto ini bermanfaat bagi peserta Bimtek dan penuh barokah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.