Mahasiswa S2 UGM Study Tentang Sejarah Pemimpin Bangsa

Jum’at, 15 Maret 2019 lalu museum Memorial Jenderal Besar HM Soeharto mendapat kunjungan sebanyak 30 Mahasiswa dan dosen S2 Program Study Ilmu Sejarah UGM. Rombongan tersebut melaksanakan studi tentang pemimpin bangsa, Bapak Pembangunan Nasional dan Presiden kedua Republik Indonesia.

Kelompok study dari mahasiswa S2 UGM ini diterima langsung oleh Ketua museum HM Soeharto, H. Gatot Nugroho S.Pt. Penjelasan tentang filosofi museum HM soeharto, Penjelasan tentang museum dan sejarah perjalanan hidup pak Harto disampaikan oleh pimpinan di pendopo utama museum.

Filosofi jawa yang penuh makna Pitutur luhur seperti mikul duwur, mendem jero, menang tanpa ngasorake, ngluruk tanpa bala dan filosofi kepemimpinan “Sa-Sa-Sa” yaitu Sabar-Sareh-sholeh yang maksudnya adalah seorang pemimpin harusnya punya hati yang Sabar, punya jiwa bijaksana dan selalu dekat kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Setelah penjelasan tentang museum dan sejarah perjalanan hidup pak Harto dan di lanjutkan dengan pemutaran film bapak HM Soeharto dilaksanakan di pendopo utama museum. Setelah agenda pertama tersebut kemudian dilanjutkan dengan diskusi tentang sosok pemimpin bangsa, sosok anak petani yang dikemudian hari menjadi Presiden Republik Indonesia kedua dan Kepemimpinan pak Harto, baik pada masa perang kemerdekaan, maupun masa-masa memimpin negeri tercinta Republik Indonesia.

Agenda berikutnya peserta melaksanakan Kunjungan di diorama museum dan berkeliling di setiap sudut museum. Terima kasih kami sampaikan kepada civitas akademika Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta atas kunjungan dan kegiatannya di museum kami. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.