Semangat Patriotisme Pak Harto Menular pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Godean

Pada Selasa dan Rabu, 19-20 Februari 2019, Museum HM Soeharto menjadi tempat untuk kegiatan pemantapan jiwa nasionalisme putra-putri SMP Muhammadiyah 1 Godean.

Kegiatan kepanduan siswa-siswi dalam wadah Hizbul Wathan (HW) ini mencoba merasakan bagaimana para pejuang melakukan peperangan dengan strategi bergerilya, berhari-hari dengan berjalan kaki berpindah lokasi satu ke lainnya untuk menghindari deteksi para penjajah Belanda.

Mereka berangkat dari sekolah menuju museum dengan berjalan kaki, menempuh jarak sekitar 5 kilometer. Kegiatan pertama setelah sampai lokasi adalah melaksanakan latihan baris berbaris di parkiran museum. Setelah selesai, mereka kemudian masuk untuk belajar tentang pengabdian, perjuangan dan kepemimpinan Pak Harto.

Kegiatan ini sangat terasa istimewa. Anak-anak sejak remaja sudah diajarkan bagaimana merasakan perjuangan untuk meraih cita-cita menuju pintu gerbang kemerdekaan dengan Proklamasi dan perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

Pendidikan karakter bangsa yang diterapkan oleh SMP Muhammadiyah 1 Godean ini betul-betul wujud pendidikan yang bisa mencetak generasi penerus bangsa yang hebat dan berakhlak mulia. Program-program edukasi tentang museum dan tentang sejarah Pak Harto sangat dinikmati oleh anak-anak Kepanduan Hizbul Wathan/HW ini.

Walaupun terasa capek akibat perjalanan seperti napak tilas dan latihan baris berbaris. Akan tetapi semangat siswa-siswi dari SMP Muhammadiyah 1 Godean ini sangat besar untuk mengetahui perjalanan sejarah anak desa, anak bangsa yang di kemudian hari menjadi Presiden kedua Republik Indonesia.

Besar keinginan mereka untuk mengetahui sejarah bapak bangsa, sejarah Bapak Pembangunan Indonesia.

Kegiatan dari SMP Muhammadiyah 1 Godean dari Mertosutan, Sidoluhur ini dibagi dua kelompok. Kelompok pertama dengan jumlah 100 anak dan didampingi oleh 5 guru dan di hari kedua dengan 70 siswa dan 4 guru pendamping. Sebagai koordinator dalam kegiatan ini adalah Bapak Kholilurrohman Ibu Nia Kurniyati.

Setelah kegiatan siswa-siswi SMP Muhammadiyah 1 Godean ini selesai, mereka tetap melanjutkan perjalanan pulang ke sekolahnya dengan berjalan kaki. Ada semangat yang siswa-siswi ini ajarkan untuk kita semua.

Hebatnya adalah ketika di hari kedua mereka sudah selesai mengikuti program yang di berikan oleh edukator mereka tetap pulang dengan berjalan kaki. Dan pada saat itu walaupun hujan turun dengan derasnya, akan tetapi semangat.

Terimakasih kami sampai kepada Bapak Nur Wahid Sudarta (Kepala Sekolah) yang telah mendidik Siswa-siswi cerdas Ini untuk belajar sejarah pemimpin bangsa.

SMP Muhammadiyah 1 Godean
Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dengan semangat bangga menjadi anak Indonesia
SMP Muhammadiyah 1 Godean
Semangat untuk belajar dari suri tauladan pak Harto..

Leave A Reply

Your email address will not be published.