Murid SD Negeri Pasir Mendit Belajar Sejarah ke Museum HM Soeharto

Sebanyak 60 anak-anak pelajar dari Kecamatan Temon ini belajar mengenang dan mengenal sosok bapak pembangunan nasional HM Soeharto. Dipimpin oleh Kepala Sekolah, Ibu Wiwik Sumarah S.Pd, dan didampingi oleh bapak-ibu guru, mereka mengikuti program dari museum.

Didampingi oleh Mbak Devi, anak-anak ini diajak keliling diorama dan mendengarkan edukator bercerita di setiap bagian dari Selasar Diorama. Diorama A bercerita tentang kepemimpinan Letkol Soeharto dalam memimpin Serangan Umum 1 Maret 1949, sehingga kedaulatan bangsa diakui oleh dunia.

Selasar B bercerita ketika Mayjend Soeharto mendapat tugas dari presiden untuk memimpin pembebasan Irian Barat. Serangan ini dikenal sebagai operasi Trikora 1962.

Selasar C tentang Pemberontakan G30S/PKI dan peristiwa Kesaktian Pancasila tahun 1965. Selasar D menceritakan masa kepemimpinan dan masa pembangunan bangsa Indonesia. Bagian akhir dari diorama adalah masa wafatnya almarhum HM Soeharto.

Agenda berikutnya siswa-siswi dari SD Negeri Pasir Mendit ini diajak menuju ke pendopo Petilasan tempat lahirnya Pak Harto. Semangat belajar yang tinggi adalah bagian penting dari sebuah prestasi. Dengan belajar sejarah masa lalu, melihat saat ini dan siap menyongsong masa depan adalah bagian pembelajaran karakter generasi penerus bangsa.

Semoga dengan belajar dari perjalanan sejarah Pak Harto dan menikmati film autobiografi sejarah bapak bangsa ini, anak-anak dari Kecamatan Temon, Kulon Progo ini terinspirasi untuk punya semangat tinggi membangun negeri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.