Siswa SMPN 2 Gunung Jati: Pak Harto Sumber Pembelajaran

Tepat jam 16.20 wib Museum HM Soeharto kedatangan rombongan sebanyak 302 siswa-siswi dan guru SMP Negeri 2 Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Rombongan dengan menggunakan 5 bis wisata pada sore ini berkunjung dan mengenang sosok bapak HM Soeharto.

Walaupun sebelumnya sudah seharian berkeliling wisata di beberapa tempat, ternyata antusias anak-anak dari Cirebon ini sangatlah membanggakan. Mereka mengikuti semua program museum dengan semangat, bahkan pihak pengelola museum juga ikut bangga dengan semangat mereka.

SMP Negeri 2 Gunung Jati
Siswa SMP Negeri 2 Gunung Jati berfoto di Patung Jenderal Besar HM Soeharto

Perwakilan siswa mengungkapkan bahwa Pak Harto merupakan sumber inspirasi bagi anak bangsa, karena memberikan pengaruh positif terutama dalam pembelajaran masa kini yang erat kaitannya dengan pembangunan. Berikut cuplikan pernyataannya:

Program edukasi dimulai dari memberikan motivasi tentang kecintaan anak kepada orang tua, selanjutnya motivasi bagaimana siswa menghormati dan mengikuti apa yang diajarkan oleh guru, hingga motivasi bagaimana kita sebagai generasi penerus bangsa harus selalu menghargai perjuangan para pahlawan bangsa.

Siswi SMP Negeri 2 Gunung Jati berebut air dari sumur kenangan

Yang terakhir dan terpenting adalah sejarah perjuangan, sejarah kepemimpinan dan pengabdian bapak bangsa dan dilanjutkan dengan pemutaran Film Pak Soeharto oleh pihak pengelola.

Semua program ini diikuti siswa-siswi yang memenuhi pendopo utama museum dengan seksama dari awal hingga akhir.

SMP Negeri 2 Gunung Jati
Wartawan Sekolah SMP Negeri 2 Gunung Jati tengah mewawancarai kepala Museum HM Soeharto

Yang menarik lagi adalah di sela-sela mereka berkeliling melihat diorama dan berbagai sudut museum ada kelompok siswa-siswi (seperti wartawan sekolah) yang bertugas wawancara langsung dengan kepala museum tentang pembangunan pada masa pemerintahan Pak Harto.

Rombongan dari SMP Negeri 2 Gunung Jati ini memang suatu program wisata yang terencana dengan matang dan ditangani oleh guru-guru yang hebat dan didukung oleh suatu biro perjalanan yang profesional dan yang pasti siswa-siswi yang mengikuti sangat terbiasa dengan program sekolah yang disiplin dan tertata.

Siswa SMP Negeri 2 Gunung Jati tengah mendengarkan pemaparan dari Edukator

Benar-benar suatu kegiatan yang istimewa. Rombongan ini dipimpin langsung oleh Drs. Hj. Asmuri MM. Ibu Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Gunung Jati.

Leave A Reply

Your email address will not be published.