Dari Jateng hingga Jatim, Ratusan Siswa Kunjungi Museum HM Soeharto

YOGYAKARTA – Minggu kedua di bulan September 2019, Museum HM Soeharto dikunjungi sekitar 600 anak, terdiri dari siswa PAUD, KB, TK, SD hingga SMP dari berbagai daerah. Tak hanya dari DI Yogyakarta, namun juga dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ratusan siswa generasi penerus bangsa tersebut, datang untuk mengenang sosok Bapak Bangsa, HM Soeharto, dan belajar sejarah pejuang bangsa, pemimpin negeri dan Bapak Pembangunan Nasional.

Mereka berasal dari PAUD Srikandi, Lendah, Kulon Progo, KB Annisa, Singosaren, Banguntapan, Bantul, TK ABA Carikan, Gondosuli, Muntilan, TK ABA Kumbangan, Sleman, TK Model Wedomartani, Ngemplak, Sleman.

Juga dari TK ABA Karang Malang, Catur Tunggal, Depok, Sleman. TK PKK Sendang Agung,  Minggir,  Sleman. SD Negeri Keputran A, Kota Yogyakarta,   SD Bendungan II, Karang Mojo, Gunung Kidul. SD Krapyak, Sidoarum,  Godean, Sleman, dan SMP Negeri 3 Pacitan, Jawa Timur.

Siswa SD Negeri Krapyak, Sidoarum, Godean, Sleman, Yogyakarta, foto bersama di salah satu dinding falsafah HM Soeharto. –Foto: Gatot Nugroho

Siswa-siswi generasi penerus negeri ini pun mendapatkan edukasi  tentang wawasan kebangsaan, semangat nasionalisme sambil bermain, bernyanyi dan mengenal lebih dalam sosok Presiden ke-2 RI.

Di pendopo utama museum, selain menikmati hiburan dan mendapatkan beberapa motivasi, mereka juga diperkenalkan pada sosok anak desa yang sederhana, yang pernah berjuang mengusir penjajah Belanda, pernah mengabdi untuk Nusa dan Bangsa, yang  di kemudian hari menjadi pemimpin negeri ini.

Selain itu, anak-anak yang berkunjung di museum juga melihat beberapa tayangan hiburan. Ada satu edukasi tentang bagaimana siswa merasa bangga, rasa cinta kepada bapak ibu guru tercinta, dan bersama-sama menyanyikan lagu “Guru Tercinta”, sebagai sebuah hadiah istimewa dari anak-anak kepada para guru, yang telah mendidik dan mendampingi, serta mencerdaskan  mereka dengan tulus dan ikhlas.

Puluhan siswa TK ABA Karang Malang, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta, antusias menyaksikan film hiburan di Pendopo Utama Museum HM Soeharto. –Foto: Gatot Nugroho

Program utama yang selalu diberikan kepada generasi penerus bangsa untuk lebih mengenal lebih dekat sosok HM Soeharto, nonton bareng film sejarah HM Soeharto. Kemudian berkeliling ke ruang diorama museum yang menjabarkan lebih lanjut tentang film yang ditonton bareng tersebut.

Setelah dari ruang diorama, anak-anak diarahkan untuk berkeliling ke sekitar museum. Sebagian juga dipersilakan memanfaatkan waktu dengan membaca buku cerita di perpustakaan mini yang ada di museum.

Pengelola museum, pun mengucapkan terima kasih kepada para bapak, guru dan seluruh keluarga besar PAUD, KB, TK, SD dan SMP dari berbagai daerah tersebut, yang telah berkunjung ke Museum HM Soeharto.

Semoga apa yang telah diberikan oleh HM Soeharto untuk bangsa ini bisa selalu menjadi suri teladan bagi anak-anak generasi penerus bangsa Indonesia. (Pewarta: Gatot Nugroho)

Siswa TK Model, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, foto bersama di Museum HM Soeharto. –Foto: Gatot Nugroho

Leave A Reply

Your email address will not be published.