Visitasi Balai Diklat BPK Yogyakarta di Museum HM Soeharto

Kamis, 4 Juli 2019, Museum Memorial mendapat tamu rombongan dari Peserta Diklat Kepemimpinan dari Balai Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara Yogyakarta. Balai Diklat ini dipimpin oleh Ibu Mamik Mis Chastina dan rombongan didampingi oleh Kepala Seksi penyelenggara Bapak Agus Priyono.

Rombongan ini selain berkunjung juga untuk mengenang bapak bangsa, untuk mengetahui dan mengapresiasi sejarah perjalanan hidup, kiprah dan prestasi Presiden kedua Republik Indonesia ini sejak masa kecil hingga akhir hayatnya. Rombongan diterima Bapak Gatot Nugroho, Kepala Museum Memorial Jenderal Besar HM Soeharto.

Ada rasa bangga, terimakasih dan apresiasi disampaikan kepala museum kepada rombongan peserta diklat Effective Leadership. Agenda dimulai dengan ucapan selamat datang dan penjelasan tentang museum yang dibangun oleh H. Probosutedjo, adik kandung Pak Harto sebagai wujud darma bakti adik kepada kakaknya yang pernah punya jasa besar bagi negara ini.

Sebuah filosofi tentang Mikul Duwur Mendem Jero di jabarkan oleh kepala museum. Sebuah puisi tentang Gemuruh Kemusuk yang menceritakan tentang perjuangan para pahlawan bangsa yang tanpa pamrih menjadi pelajaran berharga yang berkaitan dengan jiwa nasionalisme bagi peserta diklat.

Kemudian Pak Gatot menjelaskan sejarah singkat perjalanan hidup Pak Harto dengan filosofi kepemimpinan “Sa-Sa-Sa”, Sabar atine, Sareh tumindake lan Sholeh pikolehe yang mengandung arti seorang pemimpin harus Selalu Sabar Hatinya, seorang pemimpin harus selalu bijaksana dan selalu dekat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setelah itu rombongan nonton bareng pemutaran film sejarah autobiografi pak Harto dan dilanjutkan keliling museum dan photo bersama para peserta diklat Effective Leadership.

Terimakasih kami ucapkan atas visitasi dan kegiatannya di museum HM Soeharto semoga bermanfaat dan suri tauladan Bapak HM Soeharto bisa menjadi inspirasi bagi peserta pendidikan dan kepelatihan leadership.

Leave A Reply

Your email address will not be published.