Outing Class SD Dekso 1 Jokobayan Museum HM Soeharto

Selasa, 2 Juli 2019 sebanyak 56 murid dan bapak-ibu guru sekolah dasar dari Kalibawang, Kulon Progo belajar mengenang dan mengenal bapak bangsa, HM Soeharto. Rombongan anak-anak cerdas dari SD Negeri Dekso 1 melaksanakan kegiatan berwisata, belajar sejarah bapak bangsa dalam program pembelajaran di luar kelas. Dengan semangat belajar ingin tahu perjalanan sejarah anak desa Kemusuk yang di kemudian hari menjadi Presiden kedua Republik Indonesia ini, mereka dipandu oleh Edukator museum Ibu Maryanti dan Mbak Devi.

Program yang pertama adalah edukasi untuk menjaga jiwa nasionalisme generasi penerus bangsa anak-anak diajak bersama-sama menyanyikan Lagu kebangsaan Indonesia Raya di pendopo utama museum. Kemudian mereka diberi penjelasan tentang pemrakarsa dan pendiri museum, tujuan dibangun museum sebagai sumber inspirasi bagi generasi penerus bangsa dan beberapa penjelasan lainnya di pendopo utama museum.

Sebelum edukasi sejarah Bapak HM Soeharto diberikan, ada beberapa hiburan ringan yang ditayangkan di layar film pendopo utama museum. Motivasi tentang keikhlasan untuk memberi sentuhan selalu ringan dalam membantu sesama yang membutuhkan dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Pemberian motivasi untuk selalu mengingat akan kasih sayang orang tua dan bisa menghargai jerih payah bapak-ibu dalam mendampingi, menyayangi dan mencerdaskan atau menyekolahkan anak agar kelak menjadi pemimpin-pemimpin bangsa menjadi edukasi yang cukup mengesankan bagi murid-murid dari SD Negeri Dekso 1 Banjararum, Kalibawang, Kulon Progo ini.

Terimakasih kami ucapkan kepada bapak-ibu pendamping dan semua keluarga dari Kalibawang. Semoga bermanfaat dan suri tauladan Pak Harto bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak yang hebat dan cerdas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.