Lomba Ngadi Salira, Ngadi Busana Gagrag Ngayogyakarta Museum HM Soeharto

Senin, 29 April 2019 SMK Negeri 1 Sedayu mengadakan Lomba Adi Busana dan Adi Salira untuk tingkat SMP, SMA/SMK dan MA di seluruh DIY. Lomba ini diadakan untuk melaksanakan program Yogyakarta adalah Daerah Istimewa dengan adat istiadat jawa dan budayanya. Di samping itu lomba keluwesan ini dilaksanakan pada bulan April adalah untuk memperingati Hari Kartini, sosok pahlawan emansipasi wanita Indonesia.

Pelaksanaan lomba dilakukan di pendopo utama museum. Peserta lomba adalah putra-putri pelajar SMK, SMA dan MA dan beberapa pelajar SMP. Lomba Ngadi Salira dan Lomba Ngadi Busana ini di ikuti oleh puluhan pelajar. Pelaksanaan lomba dimulai dengan pembukaan, kemudian hadirin semua baik peserta lomba, pendamping peserta dan para tamu undangan bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Acara berikutnya adalah sambutan dari Bapak Suyut M.Pd. kepala sekolah SMK Negeri 1 Sedayu, Bantul selaku penyelenggara lomba. Acara berikutnya adalah hiburan tari kreasi baru dari putri-putri Sanggar Tari SMK Negeri 1, Sedayu.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Drs. Suhirman M.M. Kepala Balai Pendidikan Menengah Bantul, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY sekaligus membuka lomba Ngadi Salira, Ngadi Busana, Gagrag Ngayogyakarta, SMK Negeri 1 Bantul tahun 2019.

Suasana museum pada senin pagi begitu selaras antara pendopo, musik gamelan, peserta lomba yang berbusana adat jawa dalam berkopetisi lomba keluwesan tersebut. Kegiatan adat jawa, adat gagrag mataram atau Gagrag Ngayogyakarta dengan peserta siswa-siswi pelajar ini merupakan wujud dari komitmen SMK Negeri 1 Sedayu yang selalu menjaga dan mendukung Yogyakarta Istimewa.

Di akhir lomba keluwesan putra-putri remaja ini sebagai juara Favorit adalah Nachita Putri Mussela, peserta Putri, Kelas 11 SMA Kesatuan Bangsa Boarding School, Kabupaten Bantul.

Leave A Reply

Your email address will not be published.