SD 1 Bantul Belajar Sejarah di Museum Memorial Jenderal Besar HM Soeharto

Kamis, 18 April 2019 pagi museum kedatangan anak-anak lucu bersama guru dan orangtua dari PAUD Tunas Harapan, Dusun Watu, Argomulyo, Kecamatan Sedayu dan SD 1 Bantul, Desa Ringinharjo, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul. Rombongan bersama-sama diedukasi oleh Mbak Devi dan Ibu Maryanti.

Pagi yang cerah ini dimulai kegiatan senam sehat bersama di pendopo utama museum HM Soeharto. Olah raga pagi, sehat dan ceria adalah bagian dari metode awal pengenalan museum agar anak-anak terkesan, teredukasi bahwa siswa cerdas mesti harus selalu menjaga kesehatan. Agenda berikutnya adalah bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pendidikan karakter anak bangsa menjadi bagian sangat penting untuk bekal pengetahuan dan jiwa nasional generasi penerus bangsa. Dengan semangat bangga menjadi anak Indonesia mereka membawakan lagu kebangsaan tersebut penuh hikmat.

Untuk mengenang pahlawan nasional, wanita sumber inspirasi dan emansipasi wanita indonesia, anak-anak diajak menyanyikan lagu nasional “Ibu Kita Kartini”. Kemudian edukator menayangkan beberapa hiburan film kartun lucu dan mereka nikmati dengan tertawa lepas.

Pada moment yang istimewa di Museum HM Soeharto ini anak-anak bersama-sama menyanyikan lagu Guruku Tersayang. Lagu ini dipersembahkan sebagai hadiah untuk bapak-ibu guru tercinta yang telah punya jasa besar mendidik dan mencerdaskan mereka. Program berikutnya anak-anak diajak nonton bareng film sejarah Pak Harto sambil diberi sentuhan edukasi tentang sosok bapak bangsa , bapak pembangunan nasional dan Presiden kedua Republik Indonesia.

Setelah agenda edukasi di pendopo utama museum selesai, Rombongan dari PAUD SPS Tunas Harapan bersama bunda guru dan orangtua menuju ke pendopo petilasan tempat lahirnya bapak HM Soeharto untuk agenda internal mereka dan siswa-siswi dari Kota Bantul berkeliling di dalam diorama museum. Melihat isi dari diorama museum ini menjadikan petualangan tersendiri bagi anak-anak dari SD 1 Bantul. Lorong-lorong waktu perjalanan sejarah Pak Harto yang di gambarkan dalam diorama museum merupakan sesuatu yang menarik dan sangat di nikmati oleh anak-anak yang cerdas dan hebat ini.

Terima Kasih kami ucapkan kepada Kepala Sekolah, bapak-ibu guru dan orang tua. Semoga segala sesuatu yang telah diberikan oleh Pak Harto untuk bangsa dan negara bisa selalu menjadi suri tauladan bagi anak-anak negeri ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.