Museum HM Soeharto Selalu Jadi Tempat yang Berkesan untuk Anak-anak

Pada Senin pagi, sejumlah 170 anak-anak, ibu dan orangtua dari TK Islam Al-Hag, Jl. Gampingan, Pakuncen, Kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta dan TK ABA Sumber, Desa Bale Catur, Kecamatan Gamping, Sleman mengadakan peringatan Hari Kartini di museum.

Rombongan dari kedua taman kanak-kanak ini sudah beberapa kali mengadakan kegiatan seperti pembelajaran di luar kelas, wisata edukasi sejarah bangsa dan peringatan hari kartini seperti sekarang ini. Mereka sangat familiar dan bangga bisa diijinkan mengadakan kegiatan dan kunjungan di museum HM Soeharto.

TK Islam Al-Hag dan TK ABA Sumber ini merupakan rombongan ke-20 dan 21 pada bulan April 2019 yang mengadakan kegiatan peringatan Hari Kartini. Dipimpin oleh Bunda R.R. Rispratiwi, Kepala Sekolah TK Islam Al-Hag dan Bunda Dewi Anggraeni, Kepala sekolah TK ABA Sumber serta ibu guru yang lain dan orang tuanya anak-anak yang cerdas, cakep dan lucu-lucu ini melaksanakan Peringatan Hari Kartini dengan semangat meneladani perjuangan RA. Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita Indonesia.

Anak-anak dari taman kanak-kanak ini juga diberi edukasi bagaimana perbedaan adalah anugerah. Dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang berbeda-beda tetapi tetap satu dan berdasarkan pada Pancasila mereka akan menjadi generasi penerus bangsa yang bangga menjadi anak Indonesia.

Wajah ceria penuh budaya dengan pakaian adat dari berbagai daerah yang mereka kenakan membikin suasana miniatur indonesia ada di museum HM Soeharto. Rombongan dibimbing oleh Ibu Maryanti dan mbak Devi edukator museum melaksanakan kegiatannya Kartinian pendopo utama museum.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya mereka nyanyikan dengan begitu hapal dan kompak. Lagu nasional Ibu Kita Kartini di nyanyikan bersama dengan penuh penghayatan. Beberapa hiburan film kartun lucu mereka nikmati dengan tertawa lepas. Bersama-sama menyanyikan lagu anak-anak, memberikan hadiah untuk bunda guru tercinta dengan menyanyikan lagu guruku tersayang menjadikan suasana tambah meriah dengan penuh kegembiraan.

Program berikutnya anak-anak diajak nonton bareng film sejarah Pak Harto sambil di beri sentuhan edukasi tentang sosok bapak bangsa, bapak pembangunan nasional dan Presiden kedua Republik Indonesia.

Setelah semua agenda peringatan hari kartini selesai, rombongan kemudian berkeliling di dalam diorama museum dan ini menjadikan petualangan tersendiri bagi anak-anak. Lorong-lorong waktu perjalanan sejarah Pak Harto yang digambarkan dalam diorama museum merupakan sesuatu yang menarik dan sangat di nikmati oleh anak-anak yang cerdas dan hebat ini.

Terima Kasih kami ucapkan kepada Kepala Sekolah, para ibu guru, orang tua dan Keluarga Besar TK Islam Al-Hag, Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta dan TK ABA Sumber, Bale Catur, Gamping, Kabupaten Sleman. Semoga segala sesuatu yang telah diberikan oleh Pak Harto untuk bangsa dan negara bisa selalu menjadi suri tauladan bagi anak-anak negeri ini. Semoga semua kegiatan di Museum HM Soeharto selalu bermanfaat dan penuh barokah.

TK ABA Sumber , Desa Bale Catur, Gamping, Kabupaten Sleman
TK Islam Al-Hag, Jl. Gampingan 10, Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta

Leave A Reply

Your email address will not be published.