Fakultas Ilmu Budaya UGM Lakukan Studi Sejarah di Museum HM Soeharto

Senin, tanggal 15 April 2019 sebanyak 40 mahasiswa dari Departemen Sejarah mengunjungi museum tempat lahirnya Presiden kedua Republik Indonesia HM Soeharto. Didampingi oleh Dr. Mutiah Amini, dosen dari Fakultas Ilmu Budaya UGM, rombongan melaksanakan Outing Class, melihat dari dekat sosok pemimpin bangsa, bapak pembangunan nasional.

Rombongan diterima dan dipandu oleh H. Gatot Nugroho, S.Pt. Kepala Museum HM Soeharto. Sambutan dan ucapkan selamat datang disampaikan dan sekaligus penjelasan tentang sejarah berdirinya museum.

Museum ini dibangun oleh adik pak Harto, yaitu H. Probosutedjo sebagai wujud pengabdian adik dan penghargaannya untuk kakak tercinta, HM Soeharto. Filosofi “Mikul duwur, mendem jero” menggerakkan Pak Probosutedjo membangun museum ini.

Museum sendiri merupakan wahana yang menggambarkan perjuangan dan pengabdian tulus ikhlas dari pak Harto untuk Indonesia. Kepemimpinan almarhum digambarkan melalui filosofi “Sa-Sa-Sa”. Seorang pemimpin bangsa harus berpedoman ‘Sabar atine’ atau selalu punya hati yang sabar. ‘Sareh tumindake’, seorang pemimpin harus punya jiwa bijaksana. Yang utama adalah ‘Sholeh pikolehe, seorang pemimpin harus selalu dekat kepada Allah SWT.

Kemudian rombongan diajak nonton bareng sejarah autobiografi pak Harto. Sejarah panjang tentang masa kecil pak Harto dijabarkan oleh kepala museum, dengan harapan bisa menginspirasi. Dilanjutkan berkeliling di diorama museum. Mencermati sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949, Operasi Trikora atau pembebasan Irian Barat, Peristiwa tragedi berdarah bangsa, pemberontakan G30/PKI dan Kesaktian Pancasila. Sejarah panjang pembangunan pada masa orde baru, dari masa-masa menjadi negara miskin, kemudian menjadi negara berkembang hingga tinggal landas dan konsisten membangun negeri berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Terima Kasih kami ucapkan kepada Dr. Mutiah Amini, rekan-rekan mahasiswa Departemen Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada. Semoga bermanfaat dan apa yang telah dilakukan oleh Bapak HM Soeharto untuk bangsa ini bisa menjadi inspirasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.