Outing Class 490 Gugus II TK dan PAUD Klaci Kabupaten Sleman

Senin 22 April 2019 Museum HM. Soeharto mendapat kunjungan dari anak-anak Desa Margoluwih, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman. Ratusan anak-anak ini bersama ibu guru dan orangtua nya mengadakan pembelajaran di luar kelas sekaligus memperingati hari Kartini. Di awali dengan upacara sederhana mereka berangkat dari bale desa, kemudian berkeliling di wilayah Desa Margo Luwih dengan menggunakan sekitar 12 kereta mini atau dikenal dengan nama kereta odong-odong. Setelah itu rombongan menuju ke museum HM Soeharto untuk mengadakan kunjungan dan kegiatan mengenang sosok Bapak Pembangunan Nasional.

Berseragam sesuai dengan identitas masing-masing kelompok pendidikan usia dini yang menjadikan mereka kelihatan kompak, bersama-sama menyatu dengan penuh ceria dan kegembiraan. Rombongan dalam koordinasi bersama para ibu guru dan orang tua memasuki halaman museum HM Soeharto. Wajah-wajah ceria terpancar dari anak-anak yang cerdas dan lucu-lucu ini.

Program edukasi museum dibawakan oleh dua edukator museum yaitu ibu Maryanti dan mbak Devi. Lagu kebangsaan Indonesia Raya mereka nyanyikan dengan begitu hapal dan dilanjutkan menyanyikan lagu nasional Ibu Kita Kartini dengan sentuhan mengenang pahlawan emansipasi wanita Indonesia. Beberapa hiburan film kartun lucu mereka nikmati dengan tertawa lepas. Bersama-sama menyanyikan lagu anak-anak, memberikan hadiah untuk bunda guru tercinta dengan menyanyikan lagu guru ku tersayang menjadikan suasana tambah meriah dengan penuh kegembiraan.

Program berikutnya anak-anak diajak nonton bareng film sejarah Pak Harto sambil diberi sentuhan edukasi tentang sosok bapak bangsa, bapak pembangunan nasional dan Presiden kedua Republik Indonesia.

Berkeliling di dalam diorama museum menjadikan petualangan tersendiri bagi anak-anak dari Kecamatan Sentolo tersebut. Lorong-lorong waktu perjalanan sejarah Pak Harto yang digambarkan dalam diorama museum merupakan sesuatu yang menarik dan sangat dinikmati oleh anak-anak yang cerdas dan hebat ini.

Terima Kasih kami ucapkan kepada kepada kepala PAUD, para ibu guru dan orang tua dari keluarga besar Gugus II TK dan PAUD Klaci, Kabupaten Sleman. Semoga segala sesuatu yang telah dilakukan oleh Pak Harto untuk bangsa dan negara ini bisa selalu menjadi suri tauladan bagi anak-anak yang cerdas ini dan semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.