FKMB – Disbud Bantul Gelar Rapat Koordinasi

YOGYAKARTA – Forum Komunikasi Museum Bantul (FKMB) Yogyakarta bersama Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Bantul, menggelar rapat koordinasi (rakor) di Museum HM Soeharto. Dalam rapat perdana di 2020 ini, sebanyak 15 museum yang ada di kabupaten tersebut mengirimkan perwakilannya.

Ketua FKMB, H Gatot Nugroho, S.Pt., menjelaskan, rapat koordinasi diadakan untuk mengkoordinasikan dan mensinergikan berbagai program dari dinas kebudayaan setempat.

“Dalam rapat ini, beberapa agenda penting telah disepakati bersama antara dinas kebudayaan (kundha kabudayan) kabupaten Bantul dan FKMB,” jelas Gatot, singkat, yang dalam rapat ini juga sebagai tuan rumah digelarnya rakor, Jumat (17/1/2020).

Kepala Museum HM Soeharto sekaligus Ketua Forum Komunikasi Museum Bantul (FKMB), H Gatot Nugroho, S. Pt., (kiri) memberikan sambutan dalam rapat koordinasi FKMB, di Museum HM Soeharto, Jumat (16/1/2020). -Foto: Gatot Nugroho

FKMB, jelas Gatot, merupakan asosiasi museum tingkat kabupaten yang pertama dibentuk di Indonesia. FKMB dirintis sejak Juni 2018, dalam rapat koordinasi yang diprakarsai oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, saat itu, H. Sunarto, SH., MM. Kemudian forum komunikasi museum kabupaten Bantul ini resmi berdiri pada 20 Agustus 2018.

“Forum ini berperan sebagai wadah silaturahmi dan koordinasi seluruh museum sekabupaten Bantul, dan sebagai mitra dari dinas kebudayaan, dalam mendukung program kerja dan pengembangan sejarah, seni budaya, bahasa dan sastra dan permuseuman di kabupaten Bantul,” jelas Gatot, yang dalam rapat koordinasi didampingi Sekretaris FKMB, Suwandi.

Dalam rakor FKMB kali ini, turut dihadiri oleh  Kepala Bidang Sejarah, Bahasa, Sastra dan Permuseuman Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Drs. Dahroni, MM., Kasi Sejarah, Dewi Pitasari, S. Ant., M.Si., dan Kasi Bahasa dan Sastra, Tri Jaka Suhartaka, SS., MP.

Rakor yang digelar rutin tiap bulan ini juga dihadiri oleh sesepuh permuseuman Daerah Istimewa Yogyakarta, Budiharja, dan Kepala Seksi Permuseuman Dinas Kebudayaan DIY, Wismarini, SE., M.Hum.

Gatot sebagai kepala Museum HM Soeharto, mewakili segenap keluarga besar Presiden ke-2 RI, Jenderal Besar HM Soeharto, mengucapkan terima kasih, telah diberikan kesempatan sebagai yang pertama menyelenggarakan rapat koordinasi FKMB.

“Semoga bermanfaat dan penuh berkah,” pungkasnya. (Pewarta: Gatot Nugroho)

Leave A Reply

Your email address will not be published.