Museum HM Soeharto Idola Anak-anak Sekolah

Rabu, 13 Maret 2019 lalu, suasana di halaman museum cukup padat. Pagi hari museum sudah dipenuhi oleh sebanyak 150 siswa-siswi dan bapak-ibu guru pendamping dari sekolah dasar kabupaten Sukoharjo. Dengan tema OUTING CLASS , Kelas 2 dan 3 SD Negeri 1 Bekonang, Mojolaban, Sukoharjo, TOUR de JOGJA, Museum HM Soeharto dan Paris.

Di Pimpin langsung oleh Bapak Purwanto S.Pd M.Pd, kepala sekolah dan didampingi bapak-ibu guru, murid-murid ini sangat antusias dalam mengikuti kegiatan.

Program museum dipandu oleh ibu Maryanti selaku edukator museum. Lagu Indonesia Raya dibawakan dengan penuh hikmat dan kompak oleh seluruh keluarga besar SD Negeri Bekonang 1 ini.

Kekompakkan dan hubungan intensif antara guru selaku wali murid dengan orangtua siswa terlihat dari keikutsertaan orang tua dalam program Tour de Jogja ini. Program hiburan yang ditayangkan di layar film menjadi bagian yang menyegarkan bagi rombongan. Penjelasan tentang museum, penjelasan tentang sejarah Pak Harto oleh edukator sangat di perhatikan dengan baik oleh murid-murid dari Kecamatan Mojolaban ini.

Pemutaran film autobiografi perjalanan hidup pak Harto menjadi bagian penting bagi siswa-siswi ini. Mereka akhirnya tahu bahwa museum yang mereka kunjungan adalah tempat lahirnya bapak bangsa, bapak Presiden kedua Republik Indonesia.

Murid yang kompak dan cerdas ini akhirnya tahu juga bahwa bapak HM Soeharto yang lahir di desa Kemusuk, pada masa remajanya pernah sekolah dan tinggal di Wonogiri, mempunyai istri dari keluarga kraton mangkunegaran Solo yang tinggalnya di Kalitan dan almarhum Bapak HM Soeharto di makam kan di Astana Giri Bangun, Mangadek, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar.

Sejarah panjang pak Harto dalam perjuangan, pengabdian dan kepemimpinan menjadi pembelajaran penting bagi Siswa-siswi dari SD Negeri Bekonang ini.
Rombongan disambut juga oleh H. Gatot Nugroho selaku kepala museum HM Soeharto.

Ucapan Terimakasih dan apresiasi diberikan oleh museum atas kekompakkan hubungan guru dan orangtua, atas peran aktif anak-anak dalam mengikuti program-program dari museum.

Semoga kegiatan outing class dari SD Negeri Bekonang 1 di museum HM Soeharto ini bermanfaat dan semoga suri tauladan Bapak pembangunan nasional, HM.Soeharto bisa menjadi inspirasi bagi murid dari Kabupaten Sukoharjo.

Leave A Reply

Your email address will not be published.