Siswa SMPN 1 Majalengka Belajar Sejarah di Museum

YOGYAKARTA – Ratusan siswa dari SMPN 1 Maja, Majalengka, Jawa Barat, memenuhi ruang pendopo utama Museum HM Soeharto. Mereka yang baru pertamakali datang ke museum ini tampak antusias mendengarkan penjelasan tentang sejarah Presiden ke-2 RI, HM Soeharto.

Kepala museum, H Gatot Nugroho, S.Pt., menjelaskan, kedatangan para pelajar dari Jawa Barat tersebut didampingi oleh kepala sekolah dan sejumlah guru.

“Mereka datang untuk mengetahui lebih dalam sejarah Bapak Bangsa, Bapak Pembangunan Nasional, HM Soeharto, sebagai bagian dari pelajaran sejarah sekaligus untuk berwisata,” kata Gatot, usai menerima dan memandu ratusan pelajar itu, Minggu (26/1/2020).

Kepala Museum HM Soeharto, H Gatot Nugroho, S.Pt, memberikan motivasi tentang keikhlasan dan kasih sayang kepada para siswa SMPN 1 Maja, Majalengka, Jawa Barat, di pendopo utama museum, Minggu (26/1/2020). -Foto: Gatot Nugroho

Didampingi dua edukator museum, Maryati dan Kaka, Gatot memberikan sambutan selamat datang dan memberikan penjelasan singkat tentang sejarah museum dan HM Soeharto. Penjelasan lebih jauh diberikan oleh dua edukator museum, yang secara bergantian juga menayangkan film autobiografi Presiden Soeharto.

Sebelumnya, mengawali acara di pendopo utama, para siswa diajak menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’, agar jiwa nasionalisme dan cinta kepada Tanah Air terus membara.

Para siswa SMPN 1 Maja, Majalengka, Jawa Barat, salat zuhur berjemaah di pendopo utama Museum HM Soeharto, Minggu (26/1/2020). -Foto: Gatot Nugroho

Kepala museum juga memberikan motivasi tentang keiklasan dalam berkarya di bidang apa pun, sebagaimana Presiden Soeharto saat berjuang memerdekakan bangsa dan memajukan negara. Juga diberikan penjelasan tentang kasih sayang, agar para siswa senantiasa menyayangi dan menghormati orang tua dan guru, serta mengingatkan pentingnya taat beribadah.

Usai berbagai penjelasan yang berlangsung di pendopo utama, para siswa kemudian diperkenankan memasuki ruang diorama, yang menggambarkan riwayat HM Soeharto sejak kecil, hingga masa perjuangan dan menjadi presiden dengan segala prestasi pembangunannya.

Siswa putri SMPN 1 Maja, Majalengka, Jawa Barat, mendengarkan penjelasan sejarah HM Soeharto di pendopo utama museum, Minggu (26/1/2020). -Foto: Gatot Nugroho

Para pelajar juga dipersilakan mengelilingi kompleks museum, melihat petilasan rumah kelahiran HM Soeharto dan sumur peninggalan eyangnya, Atmo Sudiro, yang hingga kini airnya tak pernah surut. Sejumlah pengunjung, selama ini merasa belum afdol, jika belum merasakan air sumur yang teramat bening dan sejuk itu.

Mengakhiri acara kunjungan, para siswa melakukan salat zuhur berjemaah di pendopo utama.

“Semoga kunjungan ini bermanfaat, barokah dan
para siswa bisa mendapatkan inspirasi dan suri teladan dari pemimpin besar negeri ini, Presiden Soeharto,” demikian kepala museum. (Pewarta: Gatot Nugroho)

Leave A Reply

Your email address will not be published.