KSJ ‘Ngumpulke Balung Pisah’ di Museum HM Soeharto

YOGYAKARTA – Di penghujung 2019, menyongsong datangnya tahun baru 2020, puluhan warga masyarakat Kampung Sagan, Kelurahan Terban, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, menggelar acara reuni, temu kangen, di Museum HM Soeharto.

Mereka tergabung dalam paguyuban Konco-konco Sagan Jogja (KSJ), lama terpisahkan oleh jarak dan waktu serta kesibukan, sehingga reuni menjadi ajang melepas rindu sekaligus mempererat persaudaraan.

Suasana temu kangen Konco-konco Sagan Jogjakarta (KSJ) di pendopo utama Museum HM Soeharto, Minggu (29/12/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Pertemuan itu terwujud, setelah beberapa tokoh sepuh dan generasi di bawahnya, berinisiatif untuk “ngumpulke balung pisah, konco-konco lawas”, sebuah kalimat kiasan dalam bahasa Jawa yang berarti mengumpulkan saudara yang terpisah, untuk berkumpul kembali.

Sebuah tim kecil yang disesepuhi oleh Harry Haryono, kemudian bergerak mengumpulkan teman-teman masa kecil kampung Sagan, yang lama terpisah dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia, untuk kemudian mengadakan pertemuan.

“Pertemuan tersebut disepakati bersama diadakan di Museum HM Soeharto. Ini dilakukan, agar pertemuan KSJ selain reuni juga punya cerita tersendiri dan bisa lebih mengenal sekaligus mengenang Bapak Bangsa, HM Soeharto,” kata H Gatot Nugroho, S.Pt. kepala museum yang juga bagian dari paguyuban KSJ, saat reuni berlangsung, pada Minggu (29/12/2019) malam.

Pelantikan Pengurus Paguyuban Konco-konco Sagan Jogjakarta (KSJ), di pendopo utama Museum HM Soeharto, Minggu (29/12/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Sebanyak 85 anggota KSJ berkumpul, bersenda gurau dan kangen-kangenan di pendopo utama museum. Sembari menunggu anggota lain yang belum datang, mereka dipersilakan memasuki ruang diorama museum, dan menonton slide foto HM Soeharto, diiringi alunan lagu ‘Gugur Bunga’.

Acara temu kangen dimulai pada pukul 19.20 WIB. Beberapa sambutan dari ketua panitia, para peserta yang sepuh saling bercerita, bersama-sama bercengkrama, kangen-kangenan, makan bersama, pembagian door prize dan menyanyi bersama.

Pada momen bersejarah tersebut, juga dibentuk pengurus harian Paguyuban KSJ, dengan susunan;  Ketua: Harry Haryono, Wakil Ketua: Bedjo Suwarno, Sekretaris: Alex Lenthu, Wakil Sekretaris: Teguh Wintolo, Bendahara: Purwanto dan Wigig Jarot Santoso. (Pewarta: Gatot Nugroho)

Leave A Reply

Your email address will not be published.