Puluhan Siswa Sekolah Dasar di Sleman Belajar Sejarah HM Soeharto

YOGYAKARTA – Sebanyak 70 siswa SD Muhammadiyah Kedung Banteng 2, Sleman, Yogyakarta, didampingi sejumlah guru mengunjungi Memorial Jenderal Besar HM Soeharto, sebagai bagian dari pendidikan sejarah.

Rombongan siswa sekolah dasar tersebut dipandu oleh Dèvi, selaku edukator musuem, dibantu Erwan, mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Ambarukmo/ STiPram Yogyakarta, yang sedang praktik kerja lapangan (PKL) di musuem, Selasa (17/9/2019).

Anak-anak tampak bersemangat memasuki halaman museum.  Mereka pun diajak masuk ke pendopo utama untuk mendapatkan edukasi tentang museum dan sejarah autobiografi Bapak Pembangunan Nasional, HM.Soeharto.

Siswa SD Muhammadiyah Kedung Banteng 2, Sleman, Yogyakarta, antusias mendengarkan penjelasan tentang museum dan sejarah HM Soeharto, di pendopo utama, Selasa (17/9/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Sebelumnya, para siswa diajak menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Hal ini sebagai upaya meningkatkan rasa nasionalisme dan kebanggan sebagai anak Indonesia.

Setelah itu, beberapa hiburan di layar film pendopo utama disajikan. Kemudian usai pemutaran film hiburan, mereka diberikan penjelasan tentang museum dan sejarah HM Soeharto.

Siswa SD Muhammadiyah Kedung Banteng 2, Sleman, Yogyakarta, foto bersama di Museum HM Soeharto, Selasa (17/9/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Sesudah itu, para siswa diajak nonton bareng film sekilas sejarah HM Soeharto, dan dilanjutkan keliling ke ruang diorama museum, melihat petilasan tempat lahirnya Bapak Bangsa, sekaligus menengok sumur tua peninggalan Eyang Atmo Sudiro.

Pengelola berharap, apa yang telah diberikan oleh Pak Harto untuk negeri ini bisa selalu menjadi suri teladan bagi anak-anak saleh dan salehah ini. (Pewarta: Gatot Nugroho)

Leave A Reply

Your email address will not be published.