Dinas dan Pelaku Pariwisata Gelar ‘Fam Trip’ di Museum HM Soeharto

YOGYAKARTA – Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul bersama sejumlah pelaku pariwisata, menggelar familiarization trip (fam trip) di Museum HM Soeharto. Pengenalan wisata ini sebagai upaya mengembangkan jaringan kerja sama dan promosi kepariwisataan di kabupaten tersebut.

Dalam fam trip yang melibatkan sekitar 50 peserta, terdiri dari 10 pegawai dinas pariwisata Bantul dan 40 pelaku pariwisata, antara lain dari ASITA, PHRI, Tour Leader, sekolah wisata, pengelola rumah makan dan katering, pengelola homestay, desa wisata dan lainnya, dilakukan pula studi komparasi manajemen dan sistem pengelolaan pariwisata edukasi, tentang sejarah pemimpin bangsa.

Dalam pertemuan ini, Camat Sedayu, Sarjiman, memperkenalkan berbagai potensi pariwisata di wilayah Kecamatan Sedayu, dan program Sedayu membangun dan bersinergi antara kecamatan dengan desa, serta kecamatan dengan masyarakat setempat.

KI-KA: Lurah Desa Argomulyo, Bambang Sarwono, A.Pt. SSi., Camat Sedayu, Sarjiman, Kepala Museum HM Soeharto, Gatot Nugroho, dan pimpina fam trip, Catarina Issri Putranti Hendrayanti, A.Md., saat menggelar acara fam trip di Museum HM Soeharto, Kamis (19/9/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Sementara itu, Kepala Museum HM Soeharto, Gatot Nugroho, menjelaskan tentang sejarah Bapak Pembangunan Nasional, HM. Soeharto, dan cara mengelola sebuah museum yang berfungsi sebagai tempat edukasi tentang sosok anak desa yang pernah berjuang,  pernah mengabdi dengan ikhlas yang di kemudian hari menjadi memimpin negeri ini.

Gatot Nugroho juga menjelaskan, bagaimana museum sebagai tempat destinasi strategis, yang selalu membina masyarakat sekitarnya dan memiliki kontribusi positif dalam mensejahterakan masyarakat sekitar.

Usai acara inti, peserta kemudian diajak menyaksikan pemutaran film sejarah Pak Harto, dan berkeliling ke setiap sudut museum. Juga memasuki ruang diorama.

Peserta fam trip foto bersama di pendopo utama Museum HM Soeharto, Kamis (19/9/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Rombongan fam trip pada Kamis (19/9/2019) tersebut, dipimpin oleh Catarina Issri Putranti Hendrayanti, A.Md., mewakili Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos. MM.

Turut hadir dalam acara tersebut, Lurah Desa Argomulyo, Bambang Sarwono, A.Pt. SSi. (Pewarta: Gatot Nugroho)

Leave A Reply

Your email address will not be published.