Museum HM Soeharto Dipadati Berbagai Kalangan Masyarakat

Rabu, 24 April 2019 museum sejak dari pagi sudah dipadati oleh beberapa kelompok masyarakat dan pelajar. Sebanyak 510 orang dari berbagai kelompok berwisata berkunjung untuk mengenang kembali bapak pembangunan bangsa.

Pada pukul 08.00 museum telah dikunjungi oleh bapak-ibu Alumni Persatuan Pemuda Pelajar Pondok Cina /P3MP, Kota Depok, Jawa Barat. Kemudian disusul rombongan anak-anak dan pembina Pondok Pesantren Desa Ngombol, Kabupaten Purworejo.

Beberapa kelompok pendidikan usia dini dan taman kanak-kanak yang berkunjung pada hari Rabu ini adalah: TK Tunas Harapan, Tambak Agung, Kebumen. KB Lily , Kerisan, Banyurejo, Tempel, Kabupaten Sleman. KB Permata Hati, Tompeyan, Tegalrejo, Kota Yogyakarta. TK Pusposari I. Tegalan, Sidomulyo, Godean, Sleman dan SPS Kenanga , Cungkuk Dukuh IV Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Kemudian pada waktu yang bersamaan kami juga mendapat tamu dari rombongan generasi muda para penerus bangsa, yaitu mahasiswa IAIN Surakarta, Jawa Tengah.

Dengan didampingi oleh edukator museum Ibu Maryanti dan Mbak Devi, serta beberapa petugas museum. Rombongan ini ada yang melaksanakan kunjungan wisata sejarah, study sejarah bangsa bagi mahasiswa IAIN Surakarta dan rombongan dari TK, PAUD, KB dan SPS melaksanakan peringatan hari nasional untuk mengenang Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia.

Dengan berbingkai adat budaya, dalam balutan Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila. Pelaksanaan kegiatan kartinian ini menjadi bagian penting bagi ibu guru dan museum dalam memberikan edukasi tentang nasionalisme kepada anak-anak generasi penerus bangsa. Peringatan di mulai dengan upacara menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini di pendopo utama museum. Selanjutnya Rombongan mendapat penjelasan tentang museum dan sejarah bapak bangsa HM.Soeharto.

Kemudian mereka diajak nonton bareng film sekilas sejarah Pak Harto. Setelah agenda utama yaitu Peringatan Hari Kartini selesai, masing-masing rombongan anak-anak dari TK, PAUD, KB dan SPS tersebut secara bergiliran menampilkan kreasi mereka.

Ada lomba keluwesan, menampilkan tarian daerah, bernyanyi dan sebagainya. Setelah semua kegiatan di pendopo utama museum selesai mereka beristirahat sejenak sambil menikmati makanan yang mereka bawa dan kemudian dilanjutkan berkeliling di diorama museum dan melihat petilasan tempat lahirnya pak Harto, sekaligus menengok sumur kenangan atau sumur peninggalan.

Semoga hari Minggu ini penuh dengan kenangan, membawa kesan yang mendalam dan semoga semua kegiatan para pengunjung selalu membawa barokah. Terima kasih kami ucapkan kepada semuanya atas kunjungan dan kegiatannya di museum HM Soeharto. Semoga bermanfaat.

SPS Kenanga, Cungkuk Dk. IV, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul.
PP Lestari Ngombol, Purworejo dan TK Tunas Harapan, Tambak Agung Kebumen.
KB Permata Hati, Tompeyan, Tegalrejo, Kota Yogyakarta dan TK Pusposari I Tegalan, Sidomulyo, Godean, Sleman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.