WKM Kabupaten Sleman ke Museum HM Soeharto Tanamkan Nilai Kebangsaan

Sabtu, 23 Februari 2019, museum dikunjungi rombongan dari SD Negeri Turi 2 Kabupaten Sleman. Study wisata sejarah ini merupakan program Wajib Kunjung Museum (WKM) Kabupaten Sleman untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme.

Didampingi oleh Bapak Sudaryanta S.Pd dan bapak-ibu guru, pelajar dari Kecamatan Turi ini belajar mengenang dan mengenal Bapak Presiden kedua Republik Indonesia. Semangat untuk mengetahui sejarah Pak Harto, sosok pejuang sejati, pemimpin bangsa dan Bapak Pembangunan Nasional sangat menjadi perhatian anak-anak yang cerdas dari Kecamatan Turi ini.

Dipandu oleh Mbak Devi, edukator museum, pada awal program mendapat beberapa hiburan, kemudian diberikan motivasi bagaimana pelajar harus selalu hormat, selalu mencintai dan mengingat akan jasa-jasa dari bapak-ibu guru.

Pada momen yang baik ini, murid-murid memberikan hadiah spesial menyanyikan lagu “guruku tersayang”. Program berikutnya adalah penjelasan tentang museum dan sejarah bapak HM Soeharto oleh edukator museum. Setelah itu rombongan bersama-sama menyaksikan pemutaran film sejarah yang menggambarkan autobiografi Pak Harto. Mulai dari lahir, masa kanak-kanak, masa remaja, ketika bertugas di militer, Saat Letkol Soeharto memimpin Serangan Umum 1 Maret 1949 dan ketika menjadi di perintahkan oleh Presiden Soekarno untuk menjadi panglima komando Mandala dalam rangka membebaskan Irian Barat dari tangan Hindia Belanda.

Sejarah berikutnya adalah saat beliau memimpin penumpasan gerakan G30S/PKI, mempertahankan Pancasila dan UUD 1945. Masa- masa ketika memimpin bangsa menjadi presiden hingga Pak Harto wafat.

setelah nonton film, murid SD Negeri Turi 2 memasuki diorama museum. Dilanjutkan berkeliling di Petilasan tempat lahirnya Pak Harto.

Terimakasih kami sampaikan kepada Bapak Supriyadi M.Pd, Kepala Sekolah, bapak-ibu guru dan keluarga besar SD Negeri Turi 2 Sleman. Semoga suri tauladan pak Harto bisa menginspirasi siswa-siswi hebat ini.

WKM Kabupaten Sleman WKM Kabupaten Sleman

Leave A Reply

Your email address will not be published.