Siswa SMP 2 Salawu Tasikmalaya Pelajari Kepemimpinan Pak Harto

Sabtu tanggal 12 Januari 2019 museum HM Soeharto tercatat dikunjungi sebanyak 870 orang wisatawan dari berbagai kalangan. Mulai dari murid sekolah dasar, siswa sekolah menengah pertama, Pondok Pesantren, tokoh masyarakat desa, Ibu-ibu Dharma Wanita, Pimpinan Pengda hingga Alumni Penerima Beasiswa Super Semar. Tidak ketinggalan rombongan keluarga dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Suasana museum di sore semakin padat karena rombongan pelajar dari wilayah Jawa tengah dan Jawa barat masuk dan berkunjungnya pada siang dan sore hari.
Sebanyak 78 anak-anak dari SMP Negeri 2 Tasikmalaya bersama bapak-ibu guru belajar mengenang dan mengenal sosok bapak pembangunan nasional HM Soeharto.
Sekolah menengah pertama di bawah kepemimpinan Bpk. H. Imron Hadade sebagai kepala sekolah ini , berada di wilayah Desa Cilembang, Kecamatan Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Rombongan siswa-siswi ini dengan tertib memasuki halaman museum. Mereka kemudian mendapat edukasi, penjelasan dari edukator museum dan bersama-sama nonton film sejarah Pak Harto.

Setelah itu anak-anak masuk melihat diorama museum perjalanan sejarah Jenderal Besar HM Soeharto, perjalanan sejarah bapak bangsa dari Pak Harto lahir dan kehidupan masa kecil, masa remaja , saat beliau berjuang bersama-sama para pahlawan membela bangsa Indonesia, mengusir penjajah Belanda.

Tidak lupa saat pak Harto menjaga kesaktian Pancasila dan UUD 1945 dengan memberantas gerakan G30S/PKI hingga ketika beliau memimpin Indonesia menjadi Presiden ke-2 Republik Indonesia menggantikan Ir. Sukarno. Begitu juga ketika bapak HM Soeharto wafat dan dimakamkan di Astana Giribangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah.

Semua perjalanan sejarah Pak Harto tergambar di dalam diorama museum. Begitu semangatnya siswa-siswi dari SMP Negeri 2 Salawu ini menikmati suasana di museum HM Soeharto, melihat di setiap sudut museum, meninjau Petilasan rumah tempat kelahiran Soeharto sekaligus berfoto bersama.

Suasana sore hari ini betul-betul terasa indah, terasa sejuk, nyaman dengan adanya kunjungan dari generasi penerus yang cerdas anak-anak SMP Negeri 2 Salawu, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Terimakasih Bapak Koswari. Terimakasih bapak-ibu guru pendamping semua. Mudah-mudahan Museum HM Soeharto dapat menginspirasi anak-anak untuk ke depan siap membangun Indonesia.

SMP Negeri 2 Tasikmalaya
Siswa SMP Negeri 2 Tasikmalaya tengah memperhatikan pemutaran autobiografi Pak Harto yang diputar di Museum HM Soeharto

Leave A Reply

Your email address will not be published.