K3S SD dari Lampung Kunjungi Museum HM Soeharto

YOGYAKARTA  – Sebanyak 40 kepala sekolah tergabung dalam Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Sekolah Dasar Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, mengunjungi Museum HM Soeharto. Mereka sengaja datang jauh-jauh untuk mengenang, sekaligus mengetahui lebih dalam sosok Presiden Soeharto.

Puluhan kepala sekolah peserta K3S SD dari Provinsi Lampung ini merupakan salah satu rombongan dari 715 wisatawan yang berkunjung di museum, pada Sabtu (21/12/2019).

Ada pun rombongan lainnya berasal dari sejumlah kabupaten/kota di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dari DI Yogyakarta, rombongan berasal dari kelompok Lansia Kuncup Melati Bangunrejo Kricak, PCA Aisyiyah Umbulharjo, Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah, Mergangsan, dan SD Muhammadiyah Bausasran.

Warga RW XI Kecamatan Pajang, Kota Solo, Jawa Tengah, foto bersama di Museum HM Soeharto, Sabtu (21/12/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Dari Kabupaten Kulonprogo, datang dari TPA Habibillah, Beji, Wates, dan warga Nglatiyan I, Ngentak Rejo, Lendah.

Juga datang sejumlah warga desa Sanggrahan, Banyuraden, Gamping, dan IGTKI Kecamatan Nglipar, Gunungkidul.

Sementara dari Jawa Tengah, datang puluhan warga RW XI, Kecamatan Pajang, Kota Solo, dan sejumlah siswa SD Krakitan, Bayat, Klaten.

Rombongan dari berbagai daerah itu diterima oleh kepala museum, H Gatot Nugroho, yang memandu serta memberikan penjelasan tentang sejarah HM Soeharto, dibantu edukator museum, Maryanti dan Devi.

Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, DI. Yogyakarta, saat mengikuti acara di pendopo utama Museum HM Soeharto, Sabtu (21/12/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Penjelasan disertai pemutaran slide foto HM Soeharto yang diiringi alunan lagu ‘Gugur Bunga’, mengingatkan kembali memori para pengunjung akan sosok Presiden ke-2 RI. Mereka tampak antusias dan seksama mendengar dan menyimaknya.

Setelah mendapat penjelasan tentang museum dan sejarah singkat Bapak Pembangunan Nasional di pendopo utama, rombongan  pengunjung dipersilakan menikmati pemutaran film sejarah autobiografi HM Soeharto.

Kelompok Lansia Kuncup Melati, Bangunrejo RW XI Kricak, Kota Yogyakarta, foto bersama di Museum HM Soeharto, Sabtu (21/12/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Kemudian, para pengunjung dipersilakan memasuki ruang diorama, dan berkeliling melihat petilasan tempat lahir dan sumur kenangan masa kecil HM Soeharto. (Pewarta: Gatot Nugroho)

Leave A Reply

Your email address will not be published.