SMA Negeri 1 Prambanan Belajar Pendidikan Sejarah di Museum HM Soeharto

Hari Rabu siang tanggal 6 Februari 2019, Rombongan siswa-siswi SMA yang berlokasi di jl. Piyungan-Prambanan, Madu Baru, Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman belajar tentang sejarah bapak HM Soeharto.

Sebanyak 205 siswa-siswi kelas XII didampingi oleh Bapak Wasi Suharsono S.Pd. dan bapak-ibu guru, berwisata sejarah untuk mengenal dan mengenang sosok bapak pembangunan nasional. Rombongan dari Prambanan ini sebelum ke museum, telah melaksanakan kegiatan pengenalan perguruan tinggi di Universitas Negeri Yogyakarta pada pagi hari nya.

Anak-anak SMA Negeri 1 Prambanan ini secara bertahap memasuki halaman museum dan langsung melaksanakan sholat dhuhur berjamaah di musholla HM Soeharto. Setelah melakukan kegiatan doa bersama mereka kemudian makan siang bareng di Pendopo utama museum.

Kebersamaan dan keakraban sangat terlihat pada suasana tersebut. Hal ini sangat sinergi dengan moto dari SMA Negeri 1 Prambanan ini, yaitu: “Unggul dalam mutu, Berwawasan Global, berkepribadian dan takwa”.

Suasana Semangat untuk bersama-sama mewujudkan prestasi yang terbaik, mewujudkan nilai-nilai ilmu yang berkualitas dan berkompeten demi kebanggaan orang tua, guru dan keluarga besar SMA Negeri 1 Prambanan adalah semangat utama dari para siswa ini.

Program museum mereka ikuti bersama dengan baik. Edukasi di Pendopo utama langsung di pimpin oleh H. Gatot Nugroho SPt, Kepala Museum HM. Soeharto. Motivasi tentang keikhlasan, motivasi tentang kasih sayang orang tua dan filosofi tentang kehidupan diberikan kepala museum dan diterima dengan baik oleh siswa-siswi yang cerdas ini.

Penjelasan tentang sosok anak desa yang di kemudian hari menjadi pemimpin bangsa. Pemutaran film sejarah autobiografi bapak HM Soeharto dinikmati bersama siswa-siswi dan bapak-ibu guru.

SMA Negeri 1 Prambanan
Pemberian kenang-kenangan dari sekolah diwakili oleh Bapak Wasi Suharsono dan diterima oleh kepala museum

Sebelum agenda keliling diorama museum dan melihat Petilasan tempat lahirnya Pak Harto, dilaksanakan pemberian kenang-kenangan dari sekolah di wakili oleh Bapak Wasi Suharsono dan di terima oleh kepala museum.

Sebuah perjalanan wisata edukasi yang dilaksanakan oleh anak-anak kelas XII SMA Negeri 1 Prambanan pada hari ini adalah wisata edukasi yang sangat bermanfaat. Mengenal lebih dekat perguruan tinggi negeri yang ada di Yogyakarta, belajar sejarah bapak pembangunan nasional merupakan upaya pembentukan karakter anak bangsa.

Ada cerita menarik di balik kunjungan SMA Negeri 1 Prambanan ini. Bertemunya murid dengan guru di museum. Sebuah pertemuan yang mengharukan.

Harjono S.Pd adalah salah satu guru yang mendampingi, berjumpa dengan Bpk. H. Bibit Ba, karyawan dan sesepuh museum. 35 tahun yang lalu Harjono adalah murid SMA Mercu Buana, Sedayu Bantul, dan gurunya adalah Bapak. H. Bibit Ba.

SMA Negeri 1 Prambanan
Sebuah pertemuan yang luar biasa guru dan murid di museum HM Soeharto

Sebuah pertemuan yang luar biasa guru dan murid di museum HM Soeharto dan muridnya Pak Bibit sekarang juga menjadi guru dan mengajar di SMA Negeri 1 Prambanan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.