Ratusan Pelajar dari Karanganyar Kunjungi Museum HM Soeharto

YOGYAKARTA – Sebanyak 350 siswa-siswi kelas X Jurusan Akuntansi (AK), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri Jumantono, Karanganyar, Jawa Tengah, mengunjungi Museum HM. Soeharto.

Para siswa sekolah menengah kejuruan yang memiliki visi menjadi sekolah yang berkarakter, religius, unggul dalam prestasi, kompeten dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan lingkungan, ini datang untuk mempelajari sejarah Presiden ke-2 RI, Jenderal Besar HM Soeharto, dan menggali nilai-nilai kejuangan serta kebangsaan.

Kepala museum, H Gatot Nugroho, S.Pt., mengatakan, rombongan siswa sekolah unggulan dari kabupaten Karanganyar itu dipimpin oleh Imam, guru mata pelajaran IPS dan sejumlah guru lainnya.

Siswa SMK Negeri Jumantono Karanganyar, Jawa Tengah, antusias mendengarkan penjelasan tentang sejarah museum dan sejarah HM Soeharto,
di pendopo utama, Selasa (10/3/2020). -Foto: Gatot Nugroho

“Acara kunjungan diawalli dengan foto bersama  di depan Patung Jenderal Besar HM Soeharto, lalu rombongan kita persilakan masuk ke pendopo utama untuk mendapatkan edukasi tentang museum dan sejarah Bapak Bangsa, HM.Soeharto,” ujar Gatot, usai menerima kunjungan tersebut, Selasa (10/3/2020).

Mengawali serangkaian acara di pendopo utama, rombongan pelajar tersebut diajak menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’, untuk menanamkan jiwa patriotisme dan nasionalisme.

Kemudian, edukator museum menyajikan film hiburan, untuk memberikan suasana rileks. Setelah itu, kepala museum memberikan beberapa motivasi tentang  rasa terima kasih dan bangga kepada bapak-ibu guru, yang telah membimbing dan mencerdaskan mereka.

“Motivasi tentang kasih sayang orang tua kepada anak-anak ini merupakan bagian dari edukasi yang penuh makna, untuk menjadi bekal berharga bagi generasi bangsa,” kata Gatot.

Berikutnya  mereka mendapat penjelasan tentang museum dan penjelasan tentang sejarah HM Soeharto, dilanjutkan penyampaian cenderamata buku tentang Presiden ke-2 Republik Indonesia, untuk menambah koleksi di perpustakaan SMK Negeri  Manonjaya.

Siswa-siswi SMK Negeri Jumantono, Karanganyar, Jawa Tengah, dan guru, foto bersama di depan Patung Jenderal Besar HM Soeharto, Selasa (10/3/2020). -Foto: Gatot Nugroho

Setelah itu, siswa-siswi diajak  nonton bareng film tentang perjuangan, pengabdian dan kepemimpinan Bapak Pembangunan Nasional, HM.Soeharto.

Selesai nonton film, siswa-siswi dipersilakan berkeliling ke ruang diorama museum, dilanjutmelihat petilasan tempat lahir Bapak Bangsa, sekaligus menengok sumur tua peninggalan Eyang Atmo Sudiro, kakek HM Soeharto. (Pewarta: Gatot Nugroho)

Leave A Reply

Your email address will not be published.