Siswa TK – SD Berwisata di Museum HM Soeharto

YOGYAKARTA – Lebih dari 500 siswa taman kanak kanak dan sekolah dasar dari berbagai daerah di DI Yogyakarta, mengunjungi Museum HM Soeharto, Kamis (7/11/2019). Mereka datang untuk berwisata sambil belajar tentang sejarah Bangsa Indonesia, khususnya pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto.

Para siswa tersebut datang sekolah KB Aisyiyah Az Zahra, Gandu, Sendangtirto,  Berbah, Sleman, dan TK ABA Marsudi Siwi II, Gilangharjo, Pandak, Bantul. Sedangkan siswa sekolah dasar berasal dari SD Negeri Bandut Kidul, Argorejo,  dan SD Negeri 2 Sedayu, Argosari, Sedayu, Bantul,  SD Negeri Cungkuk, Margorejo, Tempel, Sleman, dan SD Muhammadiyah Beji, Gading X, Playen, Gunung Kidul.

Para siswa tersebut tampak semangat belajar mengenal lebih dekat sosok Bapak Bangsa, HM Soeharto. Mereka masuk museum dengan rapi, dan wajah penuh keceriaan, disambut dan dipandu oleh kepala museum, H Gatot Nugroho, didampingi edukator  museum, Maryanti dan Devi.

Siswa SD Negeri 2 Sedayu, Bantul, Yogyakarta, saat mengikuti acara di pendopo utama Museum HM Soeharto, Kamis (7/11/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Agenda pertama dilakukan di pendopo utama museum. Di tempat ini, para siswa diajak senam bersama untuk menambah semangat dan suasana gembira. Selanjutnya untuk selalu menumbuhkan  jiwa nasionalisme, para siswa diajak  menyanyikan lagu Kebangsaan ‘Indonesia Raya’.

Agar suasana menjadi lebih santai, pemandu museum memutarkan film kartun lucu. Kemudian, edukator museum mengajak para siswa menyanyikan lagu ‘Guru Tercinta’, sebagai hadiah bagi para guru tercinta yang telah mendidik mereka dengan tulus ikhlas.

Program berikutnya, para siswa diajak nonton bareng film sejarah HM Soeharto, sembari diberikan penjelasan tentang sosok Bapak Pembangunan, Bapak Presiden ke-2 RI.

Siswa TK ABA Marsudi Siwi II, Gilangharjo,Pandak, Bantul, Yogyakarta, foto bersama di Museum HM Soeharto, Kamis (7/11/2019). -Foto: Gatot Nugroho

Setelah itu, mereka dipersilakan masuk ke ruang diorama, menyusuri lorong-lorong waktu perjalanan sejarah HM Soeharto. Lalu, dilanjut keliling museum. Sebagian siswa juga membaca buku cerita di perpustakaan mini yang ada di museum yang didirikan oleh H Probosutedjo tersebut. (Pewarta: Gatot Nugroho)

Leave A Reply

Your email address will not be published.