Ratusan Pelajar Tasikmalaya Terkesan Masa Kecil HM Soeharto

YOGYAKARTA – Ratusan siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah (M.Ts.) Negeri 2 Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, mengaku sangat terkesan dengan kisah masa kecil Bapak Pembangunan Nasional, HM Soeharto. Para siswa kagum, lantaran tokoh besar Presiden ke-2 RI ini ternyata sejak kecil terbiasa membantu orang tua menggembalakan kerbau dan rajin mengaji.

Menggunakan lima bus wisata, sebanyak 280 siswa-siswi M.Ts. Negeri 2 Kota Tasikmalaya, didampingi sejumlah guru, tiba di Museum HM Soeharto, Dusun Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, pada Senin (18/11/2019).

Seperti tak lelah dalam perjalanan, begitu memasuki museum para siswa ini langsung melakukan pengambilan foto grup dan video. Kemudian, kepala museum yang menyambut mereka, mengajaknya masuk ke ruang pendopo utama untuk mengikuti serangkaian acara.

Ratusan siswa dari M.Ts. Negeri 2 Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, saat tiba di pendopo Museum HM Soeharto, Senin (18/11/2019) sore. -Foto: Gatot Nugroho

Acara pun dimulai dengan pemutaran beberapa film hiburan, untuk memberi kesempatan kepada para siswa beristirahat. Lalu, Gatot Nugroho selaku kepala museum memberikan beberapa motivasi tentang nasionalisme, keikhlasan dan motivasi untuk selalu menyayangi kedua orang tua.

Selanjutnya disampaikan, bahwa tujuan dibangunnya museum ini adalah agar para siswa bisa mengetahui apa saja yang telah dilakukan oleh HM Soeharto untuk Bangsa Indonesia, yang diharapkan bisa menjadi sumber inspirasi dan suri teladan bagi generasi muda.

Setelah itu, kepala museum  menjelaskan tentang sejarah masa kecil HM Soeharto hingga menjadi Presiden ke-2 Republik Indonesia. Dilanjutkan dengan nonton bareng film sejarah HM Soeharto.

Sesudah acara di pendopo utama selesai, para siswa dipersilakan masuk ke ruang diorama museum, yang menceritakan sejarah perjalanan hidup HM Soeharto sejak kecil, masa perjuangan, hingga menjadi presiden dan meraih berbagai prestasi internasional di bidang pembangunan.

Siswa-siswi M.Ts. Negeri 2 Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, tampak antusias mendengarkan penjelasan tentang sejarah Bapak Pembangunan Nasional di pendopo utama Museum HM Soeharto, Senin (18/11/2019) sore. -Foto: Gatot Nugroho

Para siswa ini juga dipersilakan melihat petilasan tempat lahir dan masa kecil HM Soeharto, serta melihat sumur peninggalan.

Dalam kunjungan ini, para siswa mengaku sangat terkesan dengan cerita masa kecil HM Soeharto. Anak desa dan pejuang yang berhasil menjadi Presiden ke-2 RI ini ternyata sejak kecil terbiasa membantu orang tuanya dengan menggembalakan kerbau.  Soeharto kecil juga selalu belajar mengaji kepada  seorang kiai di desa, di sebuah langgar atau musala kecil yang berada di pinggiran sawah. (Pewarta: Gatot Nugroho)

Siswa-siswi M.Ts. Negeri 2 Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, foto bersama di Museum HM Soeharto, Senin (18/11/2019) sore. -Foto: Gatot Nugroho

Leave A Reply

Your email address will not be published.